fbpx

Memiliki Rasa Pahit yang Tak Tertahankan, Ini Dia Manfaat Tanaman Herbal Sambiloto

Meski memiliki rasa pahit yang tertahankan, manfaat dari tumbuhan herbal sambiloto sangat berlimpah. Tanaman herbal yang memiliki warna hijau tua ini ternyata mengandung beberapa senyawa kimia yang bisa dijadikan sebagai obat.

images via news.unair.ac.id

Beberapa senyawa kimia tersebut diantaranya flavonoid, alkaloid dan saponin. Kandungan tersebut terdapat pada daun sambiloto, yang memiliki rasa pahit itu. di dunia pengobatan tradisional tanaman sambiloto ini sangat dikenal banyak memiliki manfaat.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari daun sambiloto sebagai tanaman herbal.

1. Dapat mengatasi flu

Flu disebabkan adanya infeksi virus. Sambiloto dapat menurunkan gejala flu seperti demam, nyeri, sakit kepala, batuk, bersin atau kedinginan. Gejala tersebut dapat diturunkan karena adanya kandungan antiradang, antivirus, dan antibakteri dari tumbuhan sambiloto.

2. Sebagai obat tifus alami

Penyakit tifus disebabkan karena adanya bakteri Salmonella Thyposa yang masuk mekaku makanan atau minuman.  adanya kandungan antibakteri dari tumbuhan sambiloto menjadikan tumbuhan ini serin dijadikan sebagai obat tifus alami.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit, diare, atau kholik abdomen dapat diatasi oleh sambiloto. Gangguan pencernaan seperti kembung dan sakit perut juga bisa diatasi dengan tanaman sambiloto.

4. Mengobati masalah kulit

Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri juga bisa diatasi oleh sambiloto. Beberapa masah kulitnya seperti bisul, gatal-gatal, iritasi, atau gigitan serangga.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Sudah ada beberapa laboratotoirum yang telah melakukan riset, dan ditemukan bahwa pertumbuhan sel kanker dapat dihambat dan dicegah oleh ekstrak sambiloto. Meskipun belum ada bukti efektivitasnya sebagai obat kanker.

Ada beberapa cara mengonsumsi sambiloto sebagai obet. Diantaranya bisa dijadikan sebagai ramuan atau jamu. Atau bisa juga di ekstrak menjadi obat tamblet atau suplemen. Atau juga bisa digunakan secara langsung dengan dioles atau di kompres.

Akan tetapi sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter, terkait pemakain dosis obat tablet atau suplemen sambiloto. Agar tidak ada efek samping yang negatif. Selain itu sambiloto tidak baik untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan penyakit tertentu.

Leave a Reply

0
Scroll to Top