Sapi Braford, Sapi Persilangan Penghasil Daging yang Bertubuh Kuat

Sapi Braford juga merupakan salah satu jenis sapi hasil persilangan. Persilangan sapi ini diprediksi dilakukan dari dua perkiraan. Perkiraan pertama yaitu mengawinkan banteng Hereford dengan sapi Brahman.

Sedangkan, perkiraan kedua adalah perkawinan banteng Brahman dengan sapi Hereford. Dari mana pun asal perkawinannya, kini didapatkan sapi jenis Braford yang memiliki kualitas daging terbaik. Braford telah berkembang luas di Australia dan kini mulai meluas ke seluruh pelosok dunia.

Ciri Fisik Sapi Braford

Sapi ini mulai dikembangkan di daerah Amerika Serikat. Para peternak mencoba menyilangkan Hereford dengan Brahman dengan komposisi 5/8 darah Hereford dan 3/8 darah Brahman.

Hasil persilangan ini menghasilkan jenis sapi yang luar biasa dan tidak umum. Mereka memiliki pola warna tubuh dan karakter yang berbeda dengan jenis sapi lainnya. Bahkan, untuk ukuran padatnya saja, sapi ini memiliki ukuran yang berat dan kuat.

Sebagai salah satu jenis sapi yang menghasilkan daging berkualitas terbaik, sapi Braford nampaknya sudah mulai banyak dikenal. Bahkan sapi ini tidak hanya dipergunakan untuk sapi pedaging saja, namun juga untuk rodeo.

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik dari sapi jenis Braford yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Tubuh Besar dan Kuat

Sapi jenis Braford memiliki ukuran tubuh yang besar dan kuat. Sapi ini memiliki karakter kedua orang tuanya yaitu berotot dan tangguh. Tubuhnya terbilang kekar dan karena itulah pula sapi ini sering dipakai dalam rodeo.

2. Warna Kulit

Sapi ini memiliki karakter warna tubuh seperti induknya Hereford yaitu berwarna merah. Pada bagian perut, kepala, ekor dan kaki, warnanya adalah putih. Pada bagian punggung, terdapat sedikit semburat warna putih.

3. Tidak Bertanduk

Sapi Braford adalah jenis sapi yang memang diciptakan untuk tidak memiliki tanduk. Seperti yang kita ketahui bahwa tanduk sapi seringkali membahayakan anak-anaknya. Saat induk bersikap spontan dan impulsif, tanduk akan melukai anak sapi.

4. Berotot dan Bergelambir

Braford terbilang jenis sapi bertubuh besar dan kokoh. Tubuhnya pada berotot dan nampak kompak. Lehernya cukup pendek dengan gelambir panjang mencapai bagian dadanya.

Kelebihan Sapi Braford

Sebagai salah satu jenis sapi persilangan, tentu saja sapi ini memiliki banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan jenis lainnya. Berikut ini kelebihan sapi Braford yang membuatnya disukai oleh peternak. Diantaranya adalah :

1. Sanggup Bertahan dalam Perawatan Minim

Sapi ini memiliki kekuatan dan kesanggupan yang baik meskipun dirawat dalam kondisi perawatan yang cukup minim. Mereka mampu bertahan walaupun lingkungan sekitarnya tidak mendukung seperti ketersediaan pakan terbatas.

2. Tahan Terhadap Udara Panas

Braford sangat cocok untuk dipelihara di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Hewan ini mampu bertahan dengan baik dalam kondisi cuaca panas. Hanya saja mereka kurang baik dalam bertahan di daerah bertemperatur rendah.

3. Tahan Penyakit dan Caplak

Braford memiliki kekuatan dan daya tahan tubuh yang baik untuk melawan penyakit dan serangan caplak. Bahkan saat kondisi pakan mereka cukup minim, hewan ini masih mampu menghindar dari berbagai serangan penyakit.

4. Memiliki Sifat Induk yang Baik

Hewan ternak ini menuruni sifat dan kemampuan merawat anak sapi dengan baik. Mereka mampu menjadi induk yang baik bagi anak-anaknya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang sapi Braford. Sapi yang satu ini bisa dikatakan sebagai bibit unggul yang cocok untuk diternakkan di Indonesia. Tubuh yang kuat dengan hasil daging melimpah sangat sesuai dengan karakter dan kebutuhan dunia peternakan di negara kita.

Leave a Reply

0
Scroll to Top