Terlihat Serupa, Kenali Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Tahukah Anda perbedaan kucing persia dengan anggora? Memang, sebagian orang masih bingung membedakan kucing yang bukan berasal dari Indonesia ini. Dua jenis hewan ini sekilas terlihat mirip. Tetapi jika diperhatikan sebenarnya ada perbedaannya. Mari kita lebih jeli lagi melihat perbedaan kucing persia dan anggora.

Mengenal Lebih Dekat Kucing Persia dan Anggora

Mungkin beberapa di kalangan orang awam masih terbolak-balik menyebut karakteristik anggora dan persia. Menyebutkan ciri-ciri kucing anggora sebagai persia. Begitupun sebaliknya. Jadi, mari lebih peka mengetahui dua jenis kucing bule tersebut. Perbedaan kucing persia dan anggora sebagai berikut:

1) Asal usul

Kucing persia berasal dari negara Persia, sekarang bernama Iran. Di tempat asalnya hewan ini bernama zirazae. Pada tahun 1620, hewan ini dijual ke Italia. Di kalangan bangsa Eropa dikenal dengan Persia Long Hair.

Sementara itu ,anggora keturunan dari Ankara, Turki yang menjadi harta simpanan pada abad ke-18. Sejak zaman perang salib di Eropa hewan ini mulai terkenal di warga Eropa.

2) Bulu

Persia yang murni memiliki bulu lebat. Kelebatan bulunya terdapat pada wajah sampai leher, paha, dan ekor.

Bulu anggora itu tebal, halus, dan lembut. Bulunya pun terasa mulus sekali. kita bisa melihat bulu yang panjang dan tebal di bagian wajah dan ekornya.

3) Fisik

Anggora mempunyai berat badan yang langsing dan ringan. Rupa wajahnya agak terlihat segitiga, bola mata biru atau kekuning-kuningan, serta hidung yang mancung. Sedangkan persia itu gemuk dan tubuhnya pendek. Dia memiliki ekor yang panjang. Wajahnya bulat dan hidungnya pesek.

4) Identitas

Beberapa orang awam menganggap hewan pemalas itu jenis anggora. Namun, asumsi itu salah. Anggora suka dengan berbagai aktivitas. Dia lebih suka bermain di tempat yang tinggi. Jadi jangan heran melihat makhluk ini suka bertengger di atas pohon. Selain itu, hewan ini mudah sekali beradaptasi di lingkungan sekitar dan dia termasuk hewan yang mandiri.

Kebalikannya, persia suka sekali berleha-leha di rumah. Dia akan mencari tempat yang tenang untuk tidur. Karakter manja telah melekat pada hewan ini. Walaupun begitu, kucing manis dan menggemaskan ini sangat penurut kepada pemiliknya.

5) Kondisi tubuh

Meskipun sama-sama kucing, keadaan badan persia dengan anggora berbeda. Dengan begitu, perawatan pada kedua hewan tersebut pun jauh berbeda. Daya tahan tubuh persia rentan dan sangat sensitif. Beberapa masalah kesehatannya pada sesak nafas, mata yang belekan, dan sensitif terhadap panas.

Sementara kucing anggora memiliki daya tahan tubuh yang lebih sehat. Tetapi, dia mempunyai penyakit yang menyerang pada kucing ini ataxia dan hypertrophic cardiomyophathy.

Itulah perbedaan kucing persia dan anggora. Sekarang sudah bisa membedakannya, kan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online