Tak Perlu Bingung Lagi, Begini Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Bagi penyuka hewan yang kecil dan terlihat imut, hamster bisa menjadi salah satu pilihan. Sebelum memeliharanya, tentu Anda harus tahu dulu apa jenis kelamin dari hamster tersebut. Membedakan jenis kelamin hamster memang terkadang cukup sulit, terutama ketika mereka masih kecil. Agar tidak salah pilih, ketahui cara membedakan hamster jantan dan betina dengan membaca tips berikut ini, yuk!

Langkah Membedakan Jenis Kelamin Hamster

Umumnya, Anda harus menunggu hamster berusia sekitar satu bulan untuk membedakan jenis kelamin mereka. Saat memeriksanya, pegang hewan ini secara hati-hati. Sebab, kemungkinan besar mereka akan menggigit. Lalu, hati-hatilah untuk tidak menekan atau menjatuhkan hewan kecil ini.

Cara membedakan hamster jantan dan betina dapat dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini.

1. Memegang hamster

Pegang hamster secara telentang untuk melihat area perut. Posisikan tubuh binatang imut ini sedikit tegak atau terlihat seperti mereka sedang duduk. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam melihat apakah mereka memiliki testis atau tidak.

2. Lihat jarak anogenital

Ini adalah jarak antar lubang genital yang dekat dengan ekor. Baik pada hamster jantan maupun betina akan memiliki dua lubang. Pada jantan lubang tersebut adalah penis dan anus, sedangkan betina memiliki lubang vulva dan anus.

Perbedaannya adalah jarak masing-masing lubang. Jarak antar lubang pada si jantan lebih banyak daripada si betina. Seringkali dua lubang ini pada hamster betina begitu dekat hingga hampir ‘bersentuhan’.

3. Apakah ada testis?

Tentu, testis ini hanya ada pada hamster jantan. Testis akan berkembang menjadi sangat jelas seiring bertambahnya usia. Ketika dilihat dari bawah, testis ini akan terlihat seperti benjolan kecil di atas lubang penis.

Umumnya ini terjadi ketika bintang ini masih sangat kecil. Saat sudah cukup besar, Anda dapat melihat benjolan ini secara jelas karena membesar seiring perkembangannya.

4. Melihat adanya puting

Berbanding terbalik dengan testis, hewan betina tentu memiliki puting yang terlihat seperti dua garis di perut. Anda dapat melihatnya dengan meraba secara lembut di sepanjang sisi bawahnya.

Sama halnya dengan testis, puting akan semakin terlihat seiring bertambahnya usia. Apabila sudah memiliki anak, putingnya akan jelas terlihat.

Nah, dari langkah tersebut Anda jadi tahu bukan cara membedakan hamster jantan dan betina?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online