6 Cara Merawat Hamster yang Baru Lahir dengan Baik

Belakangan ini, hamster menjadi hewan peliharaan rumahan alternatif selain kucing dan anjing. Bentuknya yang mungil dengan bulu warna-warni menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, hamster juga termasuk hewan yang mudah untuk dipelihara. Namun ketika masih bayi atau baru lahir, Anda butuh melakukan berbagai perawatan khusus agar bisa bertahan hingga besar. Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara merawat hamster yang baru lahir berikut ini!

cara merawat hamster yang baru lahir star farm1

6 Cara Merawat Anak Hamster yang Baru Lahir

Jika Anda memiliki bayi hamster, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Amati Fisiknya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengamatinya. Bayi hamster yang baru lahir berwarna merah, jika warnanya sudah biru maka sudah mati. Matanya selalu tertutup dan tidak bisa melihat. Pada tahap ini, Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus karena si bayi akan selalu dekat dengan induknya.

2. Buat Induknya Nyaman

Karena selalu dekat induknya, maka perawatan yang baik adalah dengan cara membuat nyaman si induk. Untuk membantu merawat bayi-bayinya, Anda bisa meletakkan potongan tisu dalam kandang sebagai sarangnya. Pastikan induk selalu berada di sekitar bayi hamster.

3. Jangan Membuat Suara Keras

Saat ada suara berisik atau terlalu keras, hewan ini akan merasa berada dalam bahaya. Induk yang sedang panik bisa memakan bayinya sendiri, sehingga pastikan menempatkannya di tempat sunyi.

4. Jangan Memegangnya

Memegang bayi hamster akan menghilangkan aroma aslinya, sehingga membuat induk tak lagi mau merawatnya.

5. Jangan Campur dengan Hamster Lainnya

Pisahkan binatang ini dengan yang lain termasuk hamster jantan dari bayi dan induknya. Kehadiran hamster lain malah bisa membahayakan bayi karena bisa dimakan oleh si jantan.

6. Pantau Pertumbuhan

Anda bisa memantau pertumbuhannya secara diam-diam, biasanya akan berubah saat umurnya 7 hari. Pada saat itu, anakan hewan ini sudah mulai tumbuh bulu dan bertambah beratnya.

Demikianlah 6 cara merawat hamster yang baru lahir di mana bisa Anda praktikkan dengan mudah. Saat baru lahir, berikan perhatian penuh pada induknya untuk membantu pertumbuhan si bayi. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online