Yuk Simak Cara Merawat Ikan Arwana Anakan Untuk Pemula

Siapa yang tidak kenal ikan arwana? Ikan yang satu ini termasuk jenis ikan hias yang memiliki sisik mengkilat, sehingga terkesan cantik dan elegan. Meski harganya terbilang mahal, namun tak jarang orang ingin memeliharanya. Bagi anda yang ingin mencoba untuk memelihara ikan mewah ini bisa dimulai dengan memelihara ikan arwana anakan. Bagaimanakah cara merawat ikan arwana anakan? Yuk simak penjelasannya berikut.

Langkah Merawat Ikan Arwana Anakan Untuk Pemula

Berikut cara merawat ikan arwana anakan agar tampil indah saat dewasa untuk pemula.

1. Pilih jenis berkualitas

Sebaiknya, pilih anakan arwana yang panjangnya sekitar 10-12cm. Sebaiknya untuk pemula pilih jenis Arwana Pino (Green Arwana) atau Arwana Brazil (Silver) karena harganya lebih terjangkau.

2. Ukuran aquarium

Aquarium menjadi icon wajib untuk para pecinta ikan hias. Ukuran ikan arwana ketika dewasa bisa mencapai 1 meter. Jadi minimal ukuran akuarium untuk anakan adalah 150 x 75 x 60 (cm), supaya Anda tidak kerepotan memindahnya ketika dewasa nanti.

3. Air aquarium

Sebagai tempat hidupnya, kebutuhan air harus tercukupi. Ketinggian air cukup dengan sekitar 30 cm. Pastikan air bersih dan jernih, bila perlu endapkan sehari sebelumnya.

4. Filter

Kegunaan filter ialah sebagai penyaring kotoran ikan dan rumah bakteri pengurai dalam aquarium. Filter pada arwana bisa menggunakan bio ball atau ceramic ring, busa kasar dan kapas putih.

5. Lampu aquarium

Ikan arwana akan terlihat lebih indah dan sehat jika aquarium diberi lampu ultra violet atau LED. Nyalakan lampu cukup 12 jam agar ikan memiliki waktu untuk istirahat. Tutup aquarium untuk menjaga lingkungan ikan agar tidak mudah stress.

6. Makanan

Menu makanan ikan arwana anakan bisa berupa jangkrik. Kaki jangkrik dibuang karena tajam, begitu juga dengan sayapnya yang bisa membuat air kotor. Berikan jangkrik pada ikan anakan cukup 1-2 ekor setiap hari.

Itulah beberapa cara merawat ikan arwana anakan untuk pemula. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda yang mau mencoba memelihara ikan hias jenis ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply

0
Scroll to Top