Langkah Tepat Cara Mengobati Bulu Anjing Rontok

Anjing mempesona terlihat dari bulu-bulu yang lembut, halus, dan sehat. Pemiliknya pun selalu ingin mengelus-elus penuh kasih sayang. Adakalanya juga bulu-bulunya mengalami kerontokan yang bisa menempel di baju, kursi, selimut, dan kasur. Hal itu terkadang bisa mengganggu kesehatan pemeliharaannya. Kerontokan bulunya bisa masuk ke dalam sistem pernapasan yang menyebabkan sesak napas. Namun, bagi Anda yang sedang menghadapi masalah tersebut ada cara mengobati bulu anjing rontok.

3 Cara Mengobati Bulu Anjing Rontok

Shedding (pergantian bulu), stress, serta flea dan tungau bisa menyebabkan kerontokan pada bulu anjing. Masalah-masalah itu ada solusinya antara lain:

1. Pola makan

Tidak hanya manusia yang membutuhkan nutrisi, seekor anjing pun memerlukannya. Anda yang punya hewan menggemaskan ini wajib memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Makanan bergizi yang dikonsumsi akan dicerna dengan baik dan bisa menyehatkan bulunya.

Berikan makanan pada anjing yang mengandung omega 3 dan 6. Kandungan ini membuat bulu anjing menjadi lembab, kuat, serta sehat. Selain itu, bisa mengurangi rasa stres pada jiwanya.

2. Perawatan rutin

Perbaiki pengasuhan anjing lebih ekstra, apabila timbul kerontokan pada bulunya. Perlakukanlah dengan mandi seminggu sekali. Mandi setiap hari tidak baik bagi kondisi bulunya. Gunakan air hangat yang bersih.

Pilih sabun khusus anjing anti kutu atau tungau. Kandungan tersebut bisa mengurangi hewan-hewan kecil yang menempel pada kulit. Anjing kutuan selalu menggaruk tubuhnya sehingga bulunya mudah luruh.

Sisirlah bulu-bulu anjing dengan sisir bersih. Lakukanlah kegiatan setiap hari. Menyisir bisa mengatasi pengurangan kerontokan bulunya. Terlebih lagi bila sedang shedding, bulu yang lama akan jatuh berguguran dan bulu barunya tidak merasakan panas.

3. Bawa ke dokter hewan

Pergilah ke dokter hewan jika keadaan bulu anjing belum membaik. Konsultasikan apa yang sedang terjadi. Bisa jadi binatang ini terkena bakteri atau jamur. Dokter hewan akan mengobati dengan cara yang tepat dalam mengatasi kerontokan bulunya.

Dari treatment yang telah dilakukan, anjing akan merasa lebih baik dan ceria. Sebagai pemiliknya akan dicap orang yang bertanggung jawab, karena merawat hewan setia ini dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online