Terbukti Berhasil, Ini 4 Cara Memelihara Ikan Arwana di Akuarium

Siapa yang tak tahu ikan arwana, jenis ikan yang memiliki bentuk, ukuran, dan warna sirip yang khas. Arwana sendiri menjadi ikan hias yang banyak digandrungi karena enak dipandang mata dan proporsional untuk dipelihara dalam akuarium. Untuk itu, apabila Anda tertarik memeliharanya, yuk simak beberapa cara memelihara ikan arwana di akuarium berikut ini!

Cara Memelihara Ikan Arwana di Akuarium

Ada beberapa cara memelihara ikan arwana dalam akuarium yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Akuarium

Sebagai media hidup, akuarium menjadi aspek yang penting dalam memelihara ikan arwana. Gunakan akuarium dengan besar sekitar 200×80 cm atau lebih besar lagi. Akuarium yang besar membuat arwana lebih leluasa bergerak dalam air.

Selain itu, usahakan untuk menempatkan satu ekor saja di setiap akuarium. Jangan lupa juga untuk menerapkan aerator dan filter di akuarium agar kesehatan arwana terjamin.

2. Perawatan Air

Agar tidak mengganggu kesehatan ikan Anda, maka pastikan untuk membersihkan air dalam akuarium setidaknya 3 kali dalam sebulan. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengganti airnya setiap dua hari sekali.

3. Makanan

Sebagai ikan yang berukuran cukup besar, arwana memakan hewan-hewan kecil di sekitarnya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan ikan kecil dalam keadaan hidup atau udang, kepiting, hingga serangga. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa memberinya kecoa setiap 3 hari sekali. Kecoa sendiri dikenal baik karena memiliki kandungan protein yang banyak dan dapat membuat sisik terlihat lebih mengkilap.

4. Atur Habitatnya

Dengan tinggal di akuarium, maka jelas arwana harus meninggalkan habitat aslinya. Untuk itu, agar ikan tidak stres maka Anda harus menyesuaikan akuariumnya agar terlihat mirip dengan habitat aslinya.

Anda bisa menaruh pasir pantai atau krikil kecil sebagai alas dan letakkan juga tanaman hijau agar lebih mirip dengan habitatnya. Menghias akuarium bukan hanya untuk penyesuaian habitat, namun juga membuatnya terlihat lebih cantik.

Demikianlah beberapa cara memelihara ikan arwana di akuarium dengan mudah. Selain beberapa tips di atas, Anda juga harus telaten mengecek keadaan arwana secara berkala. Bagaimana, Anda tertarik untuk memelihara ikan arwana di rumah?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Customer Service - Online