Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 7 Perbedaan Alpaca dan Llama!

Ada dua jenis hewan menggemaskan yang sering sulit dibedakan. Mereka adalah Alpaca dan Llama. Memiliki kemiripan wajah dan postur tubuh, banyak orang yang sering keliru saat menyebut Alpaca dengan Llama begitupun sebaliknya. Kedua jenis hewan menggemaskan ini merupakan famili Camelidae (keluarga unta). Berasal dari daratan Amerika Selatan. Llama umumnya ditemukkan di Pegunungan Andes sedangkan Alpaca terdapat hampir di seluruh kawasan Amerika Selatan. Lalu, apa saja perbedaan Alpaca dan Llama?  Yuk simak pemaparannya berikut ini!

Baca juga : Wajib Baca! Ini 3 Jenis Unta yang Tersisa di Dunia

Perbedaan Alpaca dan Llama
Sumber : canva.com (Alpaca and llama)

7 Perbedaan Alpaca dan Llama

Dilansir dari laman Alpaca direct, ada 7 hal yang bisa dijadian tolak ukur untuk membedakan Alpaca dan Llama.

1. Perbedaan Alpaca dan Llama dari Segi Ukuran

Perbedaan Alpaca dan Llama yang pertama yaitu dari segi ukuran. Alpaca memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dengan berat badan rata-rata 120 hingga 150 pon (54 sampai 68 kg). Sedangkan Llama berpostur lebih besar dengan berat rata-rata 400 pon (180 pon).

Perbedaan Alpaca dan Llama
Sumber : canva.com (Alpaca and llama)

2. Perbedaan Bentuk Telinga Alpaca dan Llama

Perbedaan selanjutnya adalah dari bentuk telinga. Alpaca memiliki telinga yang lurus dan cenderung runcing. Berbeda dengan Llama yang memiliki bentuk telinga menyerupai buah pisang yang panjang.

3. Perbedaan Bentuk Wajah Alpaca dan Llama

Dilihat dari bentuk wajah, Alpaca dan Llama nampak berbeda meskipun sama-sama lucu dan gemas. Alpaca dengan wajah yang lebih rata dan ditumbuhi banyak bulu. Sebaliknya, Llama memiliki kontur wajah yang cenderuh mancung dan hanya sedikit bulu yang tumbuh di wajahnya.

4. Personality atau Kepribadian

Selanjutnya, perbedaan Alpaca dan Llama yang paling menonjol adalah dari segi personality atau kepribadiannya. Alpaca tipe yang pemalu namun sosialis. Meskipun pemalu, jangan sungkan untuk bermain bersama Alpaca. Karena apabila mereka tertarik pada suatu hal, pasti akan mencari tahu dan mendekat dengan sendirinya. Alpaca juga tipe yang suka bersosialisasi dan berkelompok. Terutama apabila terjadi sebuah ancaman. Alpaca akan otomatis bergerombol untuk melindungi satu sama lain.

Berbeda halnya dengan Llama. Diberkati dengan tubuh yang besar, memberi dampak pada karakter mereka yang tangguh dan pemberani. Llama sangat mandiri dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, ada pekerjaan khusus bagi Llama yaitu “Guard Llama”. Kepribadian pemberani dan mandiri seekor Llama menjadikan mereka sebagai penjaga, termasuk penjaga di sebuah peternakan Alpaca. Ketika ada predator yang datang mengancam, maka Alpaca akan berkelompok dan Llama yang bertugas untuk mengalihkan predator tersebut untuk mengejarnya. Dan akhirnya menjauhi kawanan Alpaca. Sungguh pemberani yah!

Namun, terlepas dari jiwa pahlawan seekor Llama, ada satu kebiasaan unik makhluk yang satu ini. Yaitu apabila sedang ngambek. Mereka akan meludah ketika kesal atau terancam. Selain itu, Llama juga akan bersikap agresif seperti menendang atau hanya berbaring ketika tugas bawaannya sangat berat. So, hati-hati ya kalo bikin seekor Llama bad mood.

5. Fiber atau Serat Bulu

Perbedaan Alpaca dan Llama yang ke lima adalah dari segi fiber atau serat bulu mereka. Serat bulu pada Alpaca sangat halus. Berukuran 18 sampai 30 mikron. Sangat cocok dijadikan kain wol sebagai bahan pakaian seperti syal, topi, kaus kaki, dan lain sebagainya. Ada istilah “baby alpaca” untuk kain wol yang digunakan sebagai wol mahal dan mewah. Namun, jangan salah sangka yah. Makna “baby alpaca” bukan tertuju pada seekor bayi Alpaca. Melainkan serat yang dihasilkan dari pencukuran bulu pertama kali pada seekor Alpaca. Hasil serat ini sangatlah halus, sehingga dibanderol dengan harga yang mahal.

Serat pada Llama cenderung lebih kasar. Berukuran 50 hingga 65 mikron. Serat Llama kurang cocok dijadikan sebagai bahan wol untuk pakaian. Lebih umum dijadikan permadani, tali, dan lain-lain. Selain dari tingkat kehalusan serat bulu mereka, perbedaan Alpaca dan Llama juga ada pada warna bulunya. Alpaca biasanya terdiri hanya sari satu warna (putih, kuning, atau cokelat). Sedangkan Llama biasanya memiliki banyak corak warna pada tubuhnya (putih, cokelat, merah, atau hitam).

Perbedaan Alpaca dan Llama
Sumber : canva.com (Alpaca and llama)

6. Tujuan Diternakkan

Baik Alpaca atau Llama memiliki tujuan dan alasan berbeda untuk diternakkan. Alpaca diperuntukkan sebagai ternak penghasil wol sebagai bahan pakaian. Sedangkan Llama diternakkan sebagai hewan pekerja, pengangkut barang, atau penjaga ternak lainnya.

7. Kemampuan Menjelajah

Berdasarkan postur tubuhnya saja, sudah terlihat jelas bahwa Llama menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan teman menjelajah. Ukuran tubuh yang besar, kekuatan, serta keberaniannya, menjadikan Llama cocok melakukan perjalanan jauh bersama.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai perbedaan Alpaca dan Llama. Meskipun sama-sama imut, namun perbedaannya cukup banyak yah. Jadi mulai sekarang sudah tidak keliru lagi deh!

Leave a Reply

0
Scroll to Top