Berbagai Pengertian Agrowisata yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai negara yang didominasi lahan pertanian, Indonesia tentu memiliki kekayaan melimpah di bidang pertanian, bahkan setiap daerah bisa memiliki khasnya masing-masing. Misalnya, daerah Malang khas dengan buah apel, daerah Dieng kaya akan sayuran kentang dan kubis, atau medan dengan kualitas durian yang juara. Dengan pertanian yang beragam, maka prospek agrowisata di negara ini juga akan sangat cemerlang. Sangat memungkinkan jika beberapa tahun ke depan, aktivitas wisata bidang pertanian malah akan menjadi komoditi yang menjanjikan. Namun, sebelum membicarakan prospek agrowisata, Anda tentu harus mengetahui detail tentang agrowisata. Oleh karena itu, yuk simak beberapa pengertian agrowisata di bawah ini!

5 Pengertian Agrowisata

Ada beberapa pengertian agrowisata yang bisa Anda jadikan referensi, antara lain:

1. Pengertian Indonesia

Umumnya di Indonesia mengartikan agrowisata sebagai sebuah bentuk kegiatan wisata yang memanfaatkan aktivitas agro (pertanian). Dalam hal ini, pertanian menjadi pusat atau objek utama wisata tersebut. Tujuan didirikan agrowisata adalah untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, dan rekreasi.

2. Raimo Labo

Raimo labo merupakan ahli pertanian dari Farm Advisor UC Cooperative Extension yang menyatakan agrowisata sebagai wisata yang melibatkan dunia pertanian. Labo menambahkan, bahwa agrowisata mengacu pada kegiatan berkunjungan kepada petani yang sedang bekerja, seperti penanaman, pembibitan, panen, dan lain sebagainya.

3. Community Supported Agriculture (CSA)

Komunitas pendukung agrikultur ini menyatakan, bahwa agrowisata adalah pemasaran langsung produk pertanian langsung dari petani ke konsumen. Petani bisa membuat stand-stand produk pertanian, lalu pengunjung bisa memilih langsung.

4. Sutjipta

Ahli pertanian, Sutjipta mendefinisikan agrowisata sebagai sebuah kegiatan yang terpadu dalam pengembangan pariwisata sekaligus pertanian. Menurut Sutjipta, penciptaan agrowisata akan sangat terkait dengan pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

5. Any Marketing Method

Hampir mirip dengan CSA, Any Marketing Method juga mengartikan agrowisata sebagai sebuah sistem pemasaran langsung yang mempertemukan petani dan konsumen tanpa pihak ketiga. Dalam hal ini, petani bisa memamerkan langsung produk pertaniannya kepada para pengunjung agrowisata.

Itulah beberapa definisi agrowisata yang telah dijelaskan dari berbagai perspektif yang berbeda. Jika ditarik kesimpulan, sebenarnya pengertian di atas memiliki poin yang sama. Kelimanya memiliki benang merah yang sama, yaitu tentang aktivitas wisata di dunia pertanian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top