Begini Cara Membuat Agrowisata Lebih Menarik untuk Kaum Milenial

Melimpahnya sumber daya alam di Indonesia membuat pemerintah banyak menggalakan program agrowisata di berbagai daerah. Terutama di kawasan pedesaan yang masih asri dan lingkungannya masih lestari. Namun sayangnya, kegiatan seperti ini masih jarang diminati oleh kaum milenial, padahal kegiatan seperti ini justru penting untuk menambah kedekatan mereka terhadap alam. Sebenarnya, ada beberapa cara membuat agrowisata menjadi hal menyenangkan bagi mereka, yaitu dengan menerapkan prinsip di bawah ini.

Cara Membuat Agrowisata Menyenangkan Bagi Milenial

Agrowisata tidak hanya memiliki tujuan kegiatan pariwisata saja, namun juga menambah wawasan dan pengalaman pengunjung yang datang. Agar semakin menarik, berikut hal yang dapat dilakukan pengelola agrowisata.

1. Menawarkan keindahan alam yang masih asri

Keindahan alam adalah daya tarik yang khas dari sebuah agrowisata. Ini dapat diterapkan untuk lebih menarik perhatian kaum milenil, terlebih kaum milenial yang berasal dari daerah perkotaan.
Agrowisata yang menawarkan kelestarian lingkungan dinilai memiliki nilai penting bagi mereka yang menyukai keindahan alam.

2. Menawarkan pengalaman

Menurut Pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali, kaum milenial lebih mencari pengalaman otentik selama berwisata. Hal ini diketahui dari kaum milenial yang lebih tertarik dengan wisata berbau pengalaman. Seperti halnya yang dilakukan oleh Putu Oka Sastra, yang telah membuka destinasi agrowisata jeruk keprok asli tejakula.

Ia tidak hanya menawarkan pengetahuan tentang jeruk keprok, tetapi juga sensasi memetik jeruk dari pohonnya, dan menanam langsung pohon jeruk secara benar. Menurutnya, ini adalah cara membuat agrowisata yang dibukanya lebih menarik kaum millennial.

3. Adanya fasilitas hiburan

Destinasi agrowisata tidak harus selalu berupa hamparan pertanian saja. Pengelola juga dapat menambah fasilitas lain, seperti sarana hiburan dalam bentuk outbond, rumah makan yang menyajikan makanan olahan hasil pertanian, atau tempat penginapan di sekitar tempat wisata. Sarana seperti ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan terhadap wisatawan.

Nah, di atas adalah tiga cara membuat agrowisata menjadi lebih menyenangkan dan tentunya dapat menarik minat kaum milenial untuk lebih menyatu dengan alam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top