4 Fakta Unik Koala, Si Hewan Pemalas yang Menggemaskan!

Australia memang memiliki beberapa hewan endemik dengan khas kantung di perut, salah satunya adalah Koala. Nama Koala berasal dari bahasa pribumi Australia, yaitu Suku Aborigin yang berarti Tidak minum. Nama tersebut disematkan karena Koala sendiri merupakan hewan yang sangat jarang minum air. Sebagai hewan endemik Australia, Koala bisa Anda temukan di daerah pesisir timur Australia, seperti Adelaide hingga Semenanjung Cape York. Koala sendiri merupakan hewan satu-satunya dari familia Phascolarctidae. Sebagai hewan yang hanya dimiliki di negara tertentu saja, koala tentu memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu, yuk simak beberapa fakta unik koala berikut ini.

Fakta Unik Koala

Tak hanya memiliki kantung perut dengan wajah menggemaskan, koala nyatanya memiliki keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa fakta unik koala yang perlu Anda ketahui.

1. Pemalas

Memiliki tubuh yang gemuk dan berwajah menggemaskan, koala nyatanya memiliki tabiat yang pemalas. Koala bisa bermalas-malasan dan tidur selama 18 jam sampai 22 jam dalam sehari. Saat tidak tidur, mereka hanya mencari makanan berupa daun kayu putih, namun jika gagal mendapatkan pakan maka koala akan kembali tidur di batang pohon.

2. Pintar Berenang

Meskipun pemalas dan suka berada di batang pohon, namun di saat-saat tertentu koala juga bisa menjadi perenang yang handal. Koala sendiri mampu melintasi sungai tanpa tenggelam, biasanya dengan tujuan untuk mencari pohon baru atau mencari makanan.

3. Berbau

Meski tubuh dan wajahnya membuat gemas, namun koala ternyata memiliki bau khas yang kurang sedap. Jika didekati, koala memiliki bau yang mirip dengan air seni atau bau pesing urine. Bau pesing pada koala ini biasanya dijadikan sebagai penanda wilayah mereka.

4. Memiliki Sidik Jari

Koala memiliki sidik jari yang khas untuk setiap ekornya, bahkan bentuk sidik jarinya menyerupai dengan sidik jari manusia. Tak mengherankan jika sidik jari koala sering kali membuat kebingungan polisi Australia dalam menyelesaikan kasus karena sidiknya menyerupai sidik manusia.

Itulah fakta unik koala, si hewan berkantung yang lucu, menggemaskan, dan pemalas. Hewan yang satu ini bukanlah hewan yang berbahaya, sehingga Anda bisa mendekatinya dengan santai. Bagaimana, tertarik mengunjungi si pemalas yang satu ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top