Dibilang Mirip Macan Tutul, Ini 5 Fakta Unik Hewan Cheetah

Siapa yang tidak familiar dengan hewan cheetah, si pelari cepat yang bisa menerkam mangsanya dalam waktu sekejap. Masuk dalam keluarga kucing atau Felidae, cheetah sering kali susah dibedakan dengan macan tutul. Meskipun memang memiliki tubuh dan fisik yang tak jauh berbeda dengan macan tutul, nyatanya cheetah memiliki keunikan tersendiri. Untuk mengetahui lebih detail, yuk simak uraian fakta unik hewan cheetah berikut ini.

Fakta Unik tentang Hewan Cheetah

Ada beberapa fakta unik tentang hewan cheetah yang membedakannya dengan familia kucing lainnya, yaitu:

1. Ciri Fisik

Cheetah memiliki bahu yang datar dengan tubuh ramping, berbeda dengan macan tutul dan jaguar yang lebih kekar dengan bahu menonjol. Selain itu, cheetah juga memiliki perut yang sempit atau kecil dibandingkan dengan familia kucing besar lain.

Selain bentuk tubuh, motif bintik pada tubuh cheetah juga kebih sederhana dibanding jaguar dan macam tutul. Pada cheetah, bintiknya hanya berwarna hitam dan kecil-kecil sedangkan macan tutul dan jaguar lebih besar dengan dua warna.

2. Pelari Tercepat

Cheetah merupakan hewan dengan kemampuan lari tercepat di dunia yaitu mencapai 100 km per jam. Kecepatannya tersebut selaras dengan kecepatan mobil sport super, yaitu Lamborgini Aventador.

3. Taktik Memangsa

Jika kebanyakan hewan memangsa dengan mengendap-endap terlebih dahulu, maka cheetah memiliki strategi yang berbeda. Saat menerkam mangsanya, cheetah tak akan mengendap-endap namun langsung mengejar mangsanya dengan cepat.

4. Tahan Haus

Meski terus memangsa, cheetah nyatanya bisa menahan haus yang cukup lama. Hewan berbintik yang satu ini dapat menahan haus hingga 10 hari, tanpa minum sedikitpun. Rasa haus mereka biasanya dapat diatasi dengan darah dari mangsanya atau urin mangsanya sendiri.

5. Cepat Lelah

Stamina dari cheetah tidak berbanding lurus dengan kecepatan larinya yang luar biasa. Cheetah tergolong sangat cepat lelah di mana mereka hanya bisa berlari memangsa sekitar satu menit saja. Setelah mendapatkan mangsanya, cheetah akan kelelahan dan berbaring kurang lebih 30 menit untuk beristirahat, baru kemudian akan memakan hasil buruannya.

Demikianlah beberapa fakta unik tentang hewan cheetah yang bisa Anda ketahui. Bagaimana, menarik bukan fakta tentang hewan bermotif bintik-bintik yang satu ini.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top