Yuk Cari Tahu 4 Manfaat Agrowisata yang Membuat Ingin Segera Berlibur

Mendengar istilah agrowisata mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, namun apa sih sebenarnya agrowisata itu? Menurut beberapa sumber, agrowisata adalah aktivitas pariwisata, namun menggunakan lahan pertanian maupun fasilitas pertanian. Intinya, agrowisata adalah jenis pariwisata yang berhubungan dengan segala sesuatu yang berbau pertanian. Di Indonesia, agrowisata sudah ada di berbagai daerah, misalnya agrowisata kebun strawberry di lereng Gunung Slamet, Purbalingga atau Kebun Teh Madini di Kendal. Nah, setelah mengetahui pengertian dan contohnya, lalu apa manfaat agrowisata itu? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Agrowisata

Sebagai negara agraria, pertanian di Indonesia memang cukup beragam sehingga potensi agrowisatanya juga sangat menjanjikan. Namun sebelum memikirkan prospeknya, Anda perlu mengetahui manfaat agrowisata baik bagi pengunjung, pemilik, hingga untuk lingkungan, antara lain:

1. Meningkatkan Konservasi Lingkungan

Dengan adanya agrowisata di berbagai ranah pertanian, maka akan memungkinkan adanya konservasi lingkungan. Sebab, dengan adanya agrowisata, maka otomatis penjagaan pertanian dan lingkungan akan semakin diperhatikan.

2. Memberikan Pendidikan

Dalam agrowisata, pengunjung bisa bersentuhan langsung pada produk pertanian di tempat menanamnya langsung. Tak hanya itu, bahkan beberapa agrowisata sudah memiliki fasilitas untuk berlatih menanam atau menyirami tanaman yang benar. Dengan begitu, maka sangat jelas terlihat fungsi pendidikan dari agrowisata yang seolah melakukan transfer ilmu dengan memperlihatkan langsung bagaimana proses, sistem, lahan, hingga hasil pertanian.

3. Rekreasi

Sebagai bagian dari wisata, maka jelas sekali bahwa agrowisata memiliki nilai rekreasi yang tinggi ala pertanian. Pengunjung akan mendapatkannya pengetahuan juga mendapatkan nilai rekreasi karena jauh dari hingar bingar kota dan kembali ke alam. Apalagi pengunjung juga akan mendapat pengalaman langsung mengenai pertanian, akan sangat menarik bukan?

4. Bernilai ekonomi

Agrowisata yang dikembangkan oleh kelompok tani, pemerintah desa, hingga pemerintah daerah biasanya akan meraup nilai ekonomi yang menjanjikan. Hal ini tentu akan sangat membantu warga sekitar agrowisata baik dari retribusi wisata langsung, maupun dari pembukaan usaha dekat wisata.

Demikianlah 4 manfaat agrowisata yang dapat dinikmati baik oleh pengunjung, pendiri, hingga untuk lingkungan itu sendiri. Dengan banyaknya manfaat, yuk mulai ajak keluarga mengunjungi agrowisata terdekat. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top