5 Fakta Unik Panda, Hewan yang Saat Lahir Bulunya Berwarna Merah Muda

Siapa yang tidak menyukai hewan menggemaskan yang sangat manja satu ini? Panda dikenal sebagai hewan ikonik asal China. Hewan berbulu hitam putih ini dapat tumbuh hingga 1,5 meter dan termasuk ke dalam keluarga beruang. Hewan bernama ilmiah Ailuropoda melanoleuca, yang ternyata memiliki arti kaki kucing hitam dan putih. Lucu bukan? Berikut adalah fakta unik panda.

Fakta unik panda

Di balik tingkah dan penampilannya yang membuat manusia gemas, panda memiliki banyak hal yang perlu kita ketahui. Jika Anda mengaku penyuka hewan berbulu putih hitam ini, maka Anda harus tahu fakta unik panda.

1. Jago berenang

Panda termasuk keluarga beruang. Namun tidak seperti beruang umumnya, hewan ini sangat jago berenang. Tidak hanya itu, ia juga jago dalam memanjat pohon, meski hewan besar ini tidak dapat berdiri. Bahkan, sejak usia 7 bulan mereka sudah menjadi pemanjat yang baik.

2. Bayi panda berwarna pink

Panda terlahir seperti bayi musang, dengan bulu di seluruh tubuhnya, berwarna merah muda dan buta. Warnanya akan berganti menjadi hitam dan putih setelah sekitar tiga minggu. Tapi, tidak semua panda berwarna hitam dan putih, lho! Beberapa justru berwarna coklat dan putih, tetapi ini sangat jarang terjadi.

3. Panda dewasa dapat makan 12 hingga 38 kilogram bambu per hari

Panda dewasa seberat 45 kilogram ( binatang ini umumnya dapat mencapai berat 150 kilogram di dalam penangkaran) menghabiskan 14 jam lamanya hanya dengan makan dan mereka dapat makan 12 hingga 38 kilogram bambu per hari. Makanan favoritnya adalah rebung. Rebung adalah tunas muda yang tumbuh di akar bambu.

4. Juga makan buah

Sebagian besar, yaitu 99% panda lebih suka makan bambu, mereka juga bisa mengonsumsi buah sebagai selingan. Giginya yang bertaring juga membuat mereka mampu memakan daging.
Walau mereka memiliki gigi tajam dan pencernaan layaknya hewan karnivora, panda tidak punya energi untuk mengejar atau berburu apapun. Jadi, mangsa mereka harus benar-benar berada di dekat mereka atau terluka atau terlalu lambat untuk melarikan diri untuk disantap panda.

5. Dapat buang air besar 28 kilogram per hari

Sesuai dengan porsi makannya yang besar, kotoran panda juga tak kalah besarnya. Buang air besarnya bisa sebanyak 28 kilogram per hari. Di alam liar, peneliti biasanya akan menggunakan jejak kotoran ini untuk melacak panda. Namun di sisi lain, hal ini justru membuat keberadaan panda lebih terancam.

Berdasarkan fakta-fakta unik panda di atas, tentu Anda menjadi semakin gemas terhadap hewan satu ini bukan?

Leave a Reply

0
Scroll to Top