3 Syarat Sah dalam Pembagian Hewan Qurban Menurut Islam

Hukum pembagian hewan qurban menurut Islam telah ditentukan agar pembagian adil dan menjadi berkah bagi semuanya. Islam menyebutkan bahwa pembagian hewan tidak terlepas dari syarat-syarat sah dalam berqurban. Untuk membantu Anda memahaminya, telah dirangkum informasi mengenai hal-hal penting yang harus dipenuhi dalam pembagian daging qurban.

pembagian hewan qurban star farm

3 Hal Penting dalam Pembagian Hewan Qurban

Islam telah mengatur pembagian hewan qurban melalui Al-Qur’an dan hadist. Ada tiga hal utama dalam pembagian daging qurban yang harus Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Syarat sebelum pembagian

Pertama yang harus diperhatikan adalah terpenuhinya syarat-syarat dalam berqurban. Adapun syarat-syarat yang harus terpenuhi diantaranya adalah:
a. Hewan yang diqurbankan merupakan hewan yang dimiliki secara halal
b. Selain harus dimiliki secara halal, hewan qurban yang dibeli hendaknya dibeli dengan tunai atau tidak dengan berhutang.
c. Qurban merupakan binatang ternak seperti sapi, kambing, unta dan biri-biri
d. Hewan qurban harus dalam keadaan sehat, tidak cacar fisik, dan harus utuh termasuk ekornya.
e. Hewan yang diqurbankan memenuhi syarat untuk diqurbankan dari segi umur. Aturannya yaitu berumur lebih dari lima tahun untuk unta, berumur lebih dari dua tahun untuk sapi serta berumur lebih dari satu tahun untuk kambing atau domba.

2. Syarat bagi yang melakukan qurban

Selain memperhatikan syarat dari hewan qurban, orang yang berqurban juga perlu diperhatikan. Syarat bagi yang berqurban adalah telah baligh, berakal sehat serta merupakan seorang hamba yang merdeka atau bukan menjadi budak.

3. Hukum pembagian

Setelah memastikan syarat-syarat berqurban seperti yang telah disebutkan sudah terpenuhi, maka pembagian bisa dilakukan. Pembagian menurut Islam adalah sepertiga bagian untuk sedekah, sepertiga bagian lagi untuk orang lain serta sepertiga bagian lainnya untuk yang berqurban. Daging yang dibagikan juga harus merupakan daging segar.

Demikian informasi mengenai syarat dan hukum dalam pembagian hewan qurban menurut Islam. Dengan memahaminya, Anda yang ingin berqurban tahun ini bisa mempersiapkan segalanya sesuai yang telah diatur oleh syariat Islam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top