3 Tips Menanam Tomat Agar Subur dan Berbuah Lebat

Menanam suatu tumbuhan memang bukan hal yang mudah, termasuk menanam tomat. Tanaman tomat sendiri bisa Anda tanam baik di tanah secara langsung atau menggunakan pollybag, sesuai selera Anda tentunya. Meskipun dianggap sulit, ternyata ada cara mudah dan alami dengan mengikuti 3 tips menanam tomat sehingga tanaman akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

tips menanam tomat Star Farm

3 Tips Menanam Tomat Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Untuk mendapatkan tomat yang segar, merah, dan besar, Anda perlu memperhatikan beberapa cara alami berikut ini:

1. Perhatikan Kondisi Lingkungan dan Tanah

Dalam menanam tanaman berbuah seperti tomat, maka semakin banyak terkena sinar matahari akan semakin baik. Setidaknya tomat mendapatkan sinar matahari selama tujuh jam dalam sehari. Selain itu, tanam bibit dengan jarak sekitar 30-48 inchi sehingga memberikan ruang untuk tumbuh, memperoleh ruang cahaya, serta mendapatkan aliran udara yang cukup.

Selain memerhatikan jarak tanaman, Anda juga harus memerhatikan kondisi tanah. Tanah yang bagus untuk tomat adalah tanah yang pengairannya baik dengan asam yang tak terlalu banyak. Sebaiknya, kandungan asam pada tanah ialah pH 6,5 sampai 6,8. Untuk mengetes keasaman tanah, Anda bisa mengujinya pada layanan penyuluhan terdekat. Apabila terlalu asam tambahkan kapur dolomit, sedangkan jika terlalu basa Anda bisa menambahkan belerang atau kompos.

2. Tanam dengan Dalam dan Gunakan Mulsa

Tomat akan berakar di sepanjang batangnya, sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda seharusnya menanam tomat dalam-dalam. Selain menanam tomat dalam-dalam, Anda juga perlu menutupnya dengan mulsa sehingga pengairan tidak menguap di musim panas. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman pada tanaman tomat secara rutin.

3. Berikan Kompos

Tips menanam tomat agar tumbuh sehat dan subur adalah dengan memberikan kompos. Pemberian kompos bermanfaat untuk membuat tanaman tomat mendapatkan nutrisi yang baik. Caranya mudah, Anda hanya perlu rendam satu sendok teh kompos organik dalam satu sendok teh air, lalu diamkan selama 24 jam. Saring larutan kompos, kemudian gunakan untuk menyirami tanaman atau sebarkan pada tanah.

Itulah beberapa tips menanam tomat yang bisa Anda lakukan secara alami dan mudah. Selagi menunggu berbuah, Anda lebih baik rutin menyirami dan memberi nutrisi pada tanaman tersebut. Kenali juga apakah tanaman Anda terserang hama atau tidak, sehingga jika ada permasalahan bisa segera diatasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Customer Service - Online
Scroll to Top