Inilah Cara Mengusir Hama Wereng dan Tikus, Terbukti Ampuh!

Wereng dan tikus menjadi hama tanaman yang cukup mengganggu. Kedua hewan tersebut bisa saja membuat gagal panen, karena bisa merusak tanaman sebelum usia panen tiba. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan strategi cara mengusir hama wereng dan tikus pada tanaman Anda. Dengan begitu, hama tanaman tersebut dapat dibasmi dengan efektif.

cara mengusir hama wereng dan tikus Star Farm

Cara Efektif Mengatasi Wereng dan Tikus

Melalui berbagai penelitian yang ada, hama wereng dan tikus dianggap sebagai hama yang paling meresahkan petani . Oleh karena itu, berikut adalah cara mengusir hama wereng dan tikus yang mudah dan ampuh untuk diterapkan.

1. Melakukan Pengasapan

Pada dunia pertaniaan, metode pengasapan sering dilakukan dalam berbagai hal, termasuk untuk mengendalikan hama. Ada dua metode pengasapan yang bisa dipilih yaitu dengan menggunakan pestisida dan bahan alami. Bila menggunakan pestisida, caranya adalah Anda hanya perlu memasukkan pestisida gas atau asap pada lubang tikus. Setelah mengasapinya, tutup lubang-lubang tikus tersebut agar tikus musnah.

Kemudian, pengasapan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Caranya ialah siapkan ranting kering, rumput, api. Anda cukup menumpuk bahan-bahan yang telah disiapkan lalu bakar hingga menghasilkan banyak asap. Asap-asap tersebut yang akan mengusir hama secara efektif.

2. Menggunakan Singkong

Singkong dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir hama tanaman seperti wereng dan tikus. Singkong sendiri dikategorikan sebagai pestisida alami yang bisa mengusir hama-hama tanaman. Caranya relatif mudah, Anda hanya perlu memarut singkong yang belum dicuci, campur dengan air kelapa, kemudian rebus. Rabusan singkong tadi bisa Anda sebarkan pada lubang-lubang tikus.

3. Menggunakan Bawang Putih

Untuk mengusir hama secara alami dan aman, Anda bisa menggunakan bawang putih. Bau bawang yang menyengat akan mengusir hama dan berbagai serangga yang dapat mengganggu tanaman Anda, termasuk wereng. Apabila wereng atau tikus tidak sengaja menelan bawang putih, hewan ini akan mengalami keracunan. Akibatnya, nafsu berkurang sehingga energinya pun menurun.

Itulah cara mengusir hama wereng dan tikus yang bisa dilakukan. Penggunaan bahan alami seperti bawang putih atau singkong sebagai pengusir hama lebih aman. Namun, tidak memberikan efek negatif seperti penggunaan pestisida.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *