Modal Sedikit Untung Besar, Begini Peluang Usaha Budidaya Rumput Odot!

Saat musim hujan, batang rumput odot akan menjadi lebih lunak. Inilah mengapa banyak hewan yang menyukai tanaman ini. Peningkatan pemintaan untuk rumput odot seperti ini pun tinggi. Peluang usaha budidaya rumput odot pun makin terbuka lebar. Siapa saja dapat memulainya.

Rumput odot merupakan tanaman yang hampir bisa tumbuh di mana pun, sehingga sangat mudah untuk menanamnya dengan teknik pemeliharaan yang tepat. Sebelum mengetahui peluang usaha budidaya rumput odot, ada baiknya Anda tahu sedikit tentang tanaman ini.

Apa Itu Rumput Odot?

Tanaman ini adalah salah satu pakan ternak unggulan yang disukai oleh hewan ternak karena batangnya yang lunak saat musim hujan. Rumput odot dapat tumbuh hingga setinggi satu meter dengan daun panjang sekitar 50 hingga 70 sentimeter. Apabila tanaman dalam perawatan maksimal, daun dapat tumbuh panjang lebih dari angka tersebut.

Tanaman ini akan berkembang biak dengan perbanyakan anakan dan tunas yang muncul pada batang dan pokok tanaman. Produktivitasnya pun tinggi, satu tanaman bisa mencapai 30 hingga 50 anakan.

Tak hanya itu, tanaman ini pun cepat berkembang dan dapat dipanen dua bulan sekali meski di awal tanam. Selanjutnya petani dapat memanennya sebulan sekali atau sesuai kebutuhan. Lahan yang diperlukan untuk menanam tak begitu sulit disiapkan. Walau dapat hidup di mana pun, tanaman ini sangat menyukai tanah basah dengan kecukupan air dan sinar matahari yang penuh.

Peluang Usaha Budidaya Rumput Odot

Melihat tingginya permintaannya karena disukai oleh hewan ternak, melakukan budidaya rumput odot tentu menjanjikan. Terlebih cara perawatannya begitu mudah dilakukan. Tak heran jika banyak orang memilih melakukan usaha ini.

Pasar yang menjadi target dalam usaha rumput odot ini juga cukup luas, yaitu para peternak segala jenis kambing, sapi, domba, hingga gajah. Harga jualnya dapat dipatok per ikat, yang mana harganya dapat dimulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000. Namun, ini juga tergantung pada harga yang berlaku di pasaran.

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk menanam rumput odot sebagai peluang usaha?

Leave a Reply

0
Scroll to Top