Mudah Dilakukan, Begini Cara Memangkas Pohon Durian Agar Cepat Berbuah!

Sejak dahulu, durian selalu menjadi buah primadona, yang artinya banyak orang menyukainya. Sayangnya, banyak durian lokal yang tumbuh di tanah liar sehingga tidak terurus. Padahal jika dibudidayakan, tanaman durian ini mampu meningkatkan ekonomi.

Untuk membudidayakannya, tentu kita harus tahu dan memahami bagaimana cara memelihara pohon durian secara benar. Pemangkasan pohon juga termasuk dalam pemeliharaannya. Oleh karena itu, perhatikan cara memangkas pohon durian agar cepat berbuah.

Jenis Pemangkasan Pohon Durian

Pada dasarnya, pemangkasan dilakukan pada batang yang tidak berguna. Tujuan untuk merangsang munculnya tunas vegetatif pada ranting yang sebelumnya tidak berbuah.

Pemeliharaan tanaman harus diperhatikan, termasuk cara memangkas pohon durian agar cepat berbuah. Sebelum mengetahui caranya, anda perlu tahu dahulu jenis dari pemangkasan.

a. Pemangkasan akar

Pemangkasan akar dapat meningkatkan kualitas buah dengan membuatnya menjadi lebih keras dan tahan lama. Pemotongan sebaiknya dilakukan ketika pohon mulai berbunga, dengan waktu maksimal adalah dua minggu setelah berbunga.

b. Pemangkasan bentuk

Jenis pemangkasan ini bertujuan untuk membuat pertumbuhan dan produksi tanaman maksimal. Tidak hanya itu, jenis pemangkasan bentuk ini juga dapat memudahkan petani merawat tanaman karena bentuk pohon yang terbuka.

Bagian tanaman yang dipangkas adalah bagian cabang dan tunas bawah percabangan utama, cabang yang polanya tidak beraturan, dan cabang kering setelah panen.

Cara Memangkas Pohon durian Agar Cepat Berbuah

  • Pemangkasan dilakukan saat tanaman masih dalam masa produktif pada bagian cabang atau tunas air.
  • Alat yang sebaiknya digunakan adalah gunting pangkas atau gergaji untuk batang yang besar.
  • Pemangkasan dilakukan pada cabang bersudut kecil serta pada ranting yang terserang hama dan penyakit.
  • Potong juga daun yang mengarah ke bawah, tunas baru dan ranting kecil pada dahan. Tujuannya adalah agar matahari dapat mengarah langsung ke batang utama.
  • Kurangi juga jarak antar dahan agar matahari masuk ke batang sehingga pohon cepat menumbuhkan buah.
  • Hasil akhirnya, pohon akan terlihat lebih rapi, tidak terlalu rindang.

Nah, itulah cara memangkas pohon durian agar cepat berbuah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top