Awas, 5 Pantangan Makanan Kambing Hamil yang Harus Dihindari!

Kambing menjadi mamalia yang memberikan banyak nilai manfaat bagi manusia mulai dari daging, bulu, tulang, kotoran, hingga susunya. Bukan hanya nilai manfaat yang baik, namun memelihara kambing juga tidak memerlukan hal perlakuan khusus. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperlakukan hewan ternak ini dengan benar terutama saat masa kehamilan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa pantangan makanan kambing hamil yang harus Anda perhatikan.

5 Pantangan Pakan Kambing Hamil

Ada beberapa pantangan pakan kambing hamil yang perlu Anda perhatikan agar tetap sehat, antara lain:

1. Temulawak

Temulawak memang baik untuk meningkatkan nafsu makan pada kambing. Akan tetapi, memberikannya pada saat hamil bukanlah pilihan tepat. Hal ini disebabkan karena kandungan temulawak nyatanya dapat membahayakan bagi anaknya di dalam perut.

2. Konsentrat

Konsentrat memang harus diberikan pada kambing hamil usia 2 sampai 3 bulan kehamilan untuk memenuhi nutrisinya. Namun Anda harus memerhatikan porsi konsentrat pada kambing Anda karena berpotensi membuat janin obesitas. Berikan konsentrat sedikit saja, sebab jika anak kambing obesitas maka induknya akan mengalami kesulitan saat melahirkan. Hal ini tentu sangat berisiko baik untuk anak maupun untuk induknya.

3. Pakan Fermentasi

Segala hal yang difermentasian tentu akan menimbulkan bakteri tertentu dengan penambahan rasa masam. Oleh karena itu, jenis makanan fermentasi sebaiknya dihindarkan terlebih dahulu saat kambing Anda sedang hamil. Pakan yang telah difermentasi akan berdampak buruk bagi janin dan induknya.

4. Beras Kencur

Seperti temulawak, beras kencur sebenarnya juga memiliki manfaat positif pada kambing. Namun Anda seharusnya menjauhkan beras kencur ketika binatang tersebut sedang hamil. Beras kencur akan berpotensi mengganggu kehamilan dan induk karena bisa menimbulkan gangguan tertentu.

5. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu memang sumber nutrisi dan kalsium, namun akan berbahaya jika Anda memberikan susu yang belum dipasteurisasi. Jenis susu yang belum dipasteurisasi bisa menimbulkan keracunan sehingga dapat mengganggu kehamilan hewan ternak ini.

Demikianlah beberapa pantangan makanan kambing hamil yang sebaiknya dihindari. Memiliki kambing yang tengah hamil memang membutuhkan perhatian khusus sehingga Anda harus memerhatikan pakannya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top