Masih Jarang yang Tahu, Keunggulan Rumput Pakchong Ternyata Cukup Banyak!

Bagi peternak, rumput pakchong masih kerap dicari sebagai pakan hijauan. Rumput ini memang dinilai berkualitas karena kandungannya yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan hewan ternak. Keunggulan rumput pakchong cukup banyak hingga beberapa orang menjual bibitnya.

Jenis rumput hibrid ini pertama kali ditanam oleh ilmuwan Prof. Dr. Krailas di daerah yang bernama sama, yaitu Pak Chong, Thailand.

Keunggulan Rumput Pakchong

Jika Anda bermaksud menjadikan tanaman ini sebagai pakan hewan ternak, tentu tidak akan menyesal. Karena pakchong memiliki keunggulan sebagai berikut:

1. Kandungan nutrisi

Pakchong memiliki kandungan protein sebanyak 16,45 persen. Lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumput taiwan dan odot. Intinya, pakchong memiliki kandungan protein yang lebih banyak daripada rumput gajah lainnya.

2. Disukai hewan ternak

Rumput unggul ini dapat tumbuh hingga mencapai 5 meter . Daun dan batangnya tidak ditumbuhi bulu sehingga sangat disukai oleh hewan ternak. Daun yang ditumbuhi bulu halus biasanya membuat gatal.

3. Mudah dikembangbiakkan

Berdasarkan penelitian Prof. Dr. Krailas, pakchong memiliki usia tanam dan panen yang lama, yaitu hingga 9 tahun. Tanaman ini tidak bergantung musim dan dapat tumbuh di lahan hutan kecil.
Selama masa tanam atau musim kering, tanaman ini hanya perlu disiram sekali dalam seminggu.

Tanaman ini juga tumbuh dengan akar yang dalam. Dalam kurun waktu satu tahun rumput gajah asal Thailand ini juga dapat dipanen sebanyak 2 hingga 3 kali.

4. Hasil panen besar

Keunggulan rumput pakchong juga ada pada hasil panennya. Untuk hasil panen dari lahan seluas 1HA (10.000 m2), tanaman ini dapat dijadikan pakan hijauan sebanyak 30 ekor sapi.
Jika diukur, hasilnya bisa mencapai 450 hingga 600 ton per hektar dalam setahun.

5. Dijadikan bisnis

Karena masih jarang yang mengembangbiakkan pakchong ini, banyak petani yang menjual bibitnya melalui online dengan berbagai variasi harga. Rumput ini juga dapat tumbuh di negara lain, seperti India, Taiwan, Vietnam, serta Thailand, sehingga target pasarnya cukup luas.

Itulah 5 keunggulan rumput pakchong yang akan membuat Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai pakan ternak atau lahan investasi.

Tertarik dengan rumput pakchong, segera kontak marketing kami di 0856-9374-2007 🙂

Leave a Reply

0
Scroll to Top