Bukan Hal Sulit, Begini 5 Cara Merawat Anak Entok dengan Baik

Entok memang sering kali disalahartikan sebagai bagian dari bebek, padahal keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Namun, sama halnya dengan bebek, entok memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi bagi manusia baik dagingnya, telur, kotoran, dan lain sebagainya. Selain memiliki manfaat tinggi bagi manusia, hewan ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Proses perawatannya tergolong mudah dan murah. Meskipun begitu, anak entok tentu harus mendapatkan perawatan lebih untuk membantu pertumbuhannya. Yuk simak cara merawat anak entok berikut ini!

5 Cara Merawat Anak Entok yang Baik

Ada beberapa tips dan cara merawat anak entok yang baik agar tidak mati, antara lain:

1. Pakan yang tepat

Pakan menjadi salah satu elemen yang paling penting bagi tumbuh kembang hewan ini. Oleh karena itu pemberian pakan yang tepat akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Pemberian pakan harus disesuaikan pada tiga fase umurnya, yakni: Fase umur 1-14 hari, Anda hanya perlu berikan pelet dan konsentrat startet dengan porsi kecil. Fase 15-35 hari, berikan konsentrat yang dicampur bekatul atau dedak halus.

Konsentrat juga bisa dicampur dengan biji jagung, umbi-umbian, hingga ampas tahu. Fase 36-60 hari, berikan pakan dengan campuran ikan runcah maupun bekatul, menir, ampas tahu, eceng gondok, hingga nasi aking.

2. Kandang yang Layak

Kandang harus dipastikan tidak terlalu kumuh dan padat, setiap kandang maksimal berisi 10 ekor saja. Selain itu, berikan lampu pada setiap kandang untuk menambah suhu kandang.

3. Vaksin

Pemberian vaksin tentu sangat disarankan untuk mendukung daya tahan tubuh dan menangkal virus berbahaya yang sering menyerang unggas.

4. Penjemuran

Layaknya bayi manusia, anakan entok ternyata juga butuh proses penjemuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin D secara alami. Anda harus menjemur hewan ini pada waktu yang tepat, yakni sekitar jam 8-9 pagi dengan durasi maksimal 20 menit setiap paginya.

5. Dekatkan dengan Induk

Mendekatkan induk pada anakan entok tentu bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang anak entok itu sendiri. Selain itu, juga akan lebih aman ketika diawasi oleh induknya.

Demikianlah 5 cara merawat anak entok yang baik dan benar. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa sesekali memberikan vitamin. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

0
Scroll to Top