Dijamin Aman, Begini 4 Cara Mengeluarkan Ari-ari yang Tertinggal pada Kambing

Sebagai hewan mamalia, kambing tentu bereproduksi dengan cara melaharikan. Seperti manusia, melahirkan tentu dapat menimbulkan berbagai risiko bagi induknya, termasuk ari-ari yang tertinggal di rahim. Ari-ari yang masih tertinggal atau disebut dengan retensio plasenta tentu saja dapat mengganggu kesehatan kambing, sehingga harus dikeluarkan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mengeluarkan ari-ari yang tertinggal pada kambing dengan aman.

4 Cara Mengeluarkan Ari-ari Kambing

Ada 4 cara mengeluarkan ari-ari yang tertinggal pada kambing dengan mudah dan aman, antara lain:

1. Menggunakan Tangan

Meskipun menggunakan tangan, pengambilan ari-ari yang tertinggal pada kambing tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Anda harus meminta bantuan dokter sebagai profesional untuk melakukan teknik pengambilan secara manual dengan tangan.

Pada metode ini, dokter akan memasukkan tangan pada rahim hewan tersebut untuk menarik dengan berhati-hati dan pelan. Sebelum penarikan, kambing dipasangi kateter terlebih dahulu pada saluran kencingnya. Jangan khawatir, hewan Anda juga akan diberi bius saat proses pengambilan berjalan sehingga tidak akan merasa kesakitan.

2. Menarik Tali Pusat

Metode ini bisa dilakukan dengan catatan ari-ari harus sudah terlepas dari dinding rahim induk kambing. Pada metode ini, dokter akan menarik tali pusat kambing secara perlahan hingga ari-ari keluar sepenuhnya.

3. Kuretase

Ini merupakan salah satu teknik paling disarankan. Melalui metode ini, dokter akan mengambil ari ari yang tertinggal beserta sisanya yang masih menempel di dinding rahim.

4. Histerektomi

Metode histerektomi bisa dilakukan ketika kondisi ari-ari tertanam terlalu dalam pada rahim. Hal ini yang membuat metode lainnya tidak memungkinkan dilakukan karena posisinya yang terlalu dalam. Sayangnya metode ini memberikan konsekuensi lain, yakni hewan menjadi tidak akan lagi bisa hamil.

Demikianlah 4 cara mengeluarkan ari-ari yang tertinggal pada kambing. Berbagai metode bisa dilakukan sesuai dengan kondisi hewan. Perlu diingat, bahwa proses pengangkatan ari-ari harus dilakukan oleh ahli karena dapat berisiko pada kambing Anda. Lebih baik serahkan kepada ahlinya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top