Tidak Perlu Mahal, 4 Makanan Bebek Agar Cepat Besar!

Bebek menjadi salah satu jenis unggas yang banyak dimanfaatkan, mulai dari daging, telur, bulu, hingga kotorannya. Daging dan telur bebek sendiri banyak dikonsumsi oleh manusia karena rasanya yang nikmat dan bernilai gizi. Oleh karena itu, bebek menjadi salah satu jenis unggas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, apalagi pemeliharaannya tergolong mudah. Meski pemeliharaannya tidak sulit, bebek membutuhkan makanan yang cukup agar cepat besar. Oleh karena itu, yuk simak beberapa makanan bebek agar cepat besar berikut ini!

4 Jenis Pakan Bebek Supaya Cepat Besar

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan pakan bebek supaya cepat besar dan sehat, antara lain:

1. Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan limbah bubur kedelai yang tidak digunakan dalam proses pembuatan tahu secara utuh. Bahan ini merupakan jenis pakan yang mengandung protein tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhannya. Anda bisa memberikan ampas tahu yang sudah dikeringkan dengan kadar air maksimal 13 persen.

2. Onggok

Onggok adalah sejenis limbah dari pengolahan singkong. Jenis makanan ini juga baik untuk pertumbuhan bebek karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Namun, Anda jangan terlalu sering memberikan onggok karena bisa membuat hewan ini diare.

3. Jagung atau Dedak

Pemberian jagung kuning dan dedak juga cukup penting karena bermanfaat sebagai sumber energi. Berikan jagung atau dedak secara berkala untuk mendukung kesehatannya.

4. Tepung Ikan, Tepung Bekicot, dan Tepung Keong

Tepung ikan merupakan sumber protein yang baik karena mengandung asam amino lisin dan metionin. Meskipun baik untuk bebek, Anda tidak bisa memberinya terlalu banyak karena bisa menimbulkan amis pada daging bebek. Oleh karena itu, Anda bisa selingi dengan tepung bekicot atau tepung keong karena bisa menjadi sumber protein alternatif.

Demikianlah beberapa makanan yang bisa membantu pertumbuhan bebek dengan baik. Selain beberapa makanan di atas Anda juga bisa memberikan nasi kering atau tulang sebagai makanan pendamping. Memerhatikan makanan bebek agar cepat besar tentu membutuhkan ketelatenan, selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top