Hati-hati, Begini Cara Memandikan Kelinci yang Benar & Tidak Bikin Trauma!

Kelinci merupakan hewan menggemaskan yang banyak dipelihara selain kucing atau anjing. Sama halnya dengan kucing, umumnya kelinci memiliki ketakutan dengan air dan mandi dapat menyebabkan stres pada mereka.

Namun, ada kalanya mereka perlu mandi ketika mengalami diare atau habis bermain dengan kubangan lumpur yang dapat membuat bulu mereka rontok. Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa cara memandikan kelinci yang dapat Anda ikuti.

Cara Memandikan Kelinci dengan Benar

Sebenarnya, cara memandikan kelinci yang baik adalah dengan tidak membasahi seluruh tubuhnya. Sebab, ini bisa menjadi sangat traumatis dan dapat membuat mereka kaget. Banyak kelinci mati karena trauma semacam ini. Jadi, cara mudah untuk memandikannya adalah dengan mandi kering.

1. Beri Alas Handuk

Alih-alih memandikan kelinci di dalam bak berisi air penuh, buatlah tempat yang nyaman bagi mereka untuk berbaring. Anda dapat menggunakan handuk halus sebagai alasnya.
Letakkan kelinci di atas handuk tersebut. Agar mereka tenang, elus secara lembut bagian punggungnya secara perlahan.

2. Gunakan Bedak bayi

Anda dapat menggunakan bedak bayi untuk menghaluskan bulu-bulu mereka yang berantakan. Caranya adalah dengan menaburkan bedak pada bulunya hingga ke bagian kulit. Sisir lembut bulu-bulunya menggunakan sisir rambut. Lakukan cara memandikan kelinci ini ketika bulu mereka tidak terlalu kotor namun masih harus dimandikan.

Selain dengan cara mandi kering, Anda dapat melakukannya dengan mandi basah. Tetapi cara mandi ini juga harus tetap dilakukan dengan hati-hati. Jika perlu, mintalah orang lain untuk memegangi si kelinci sementara Anda memandikannya.

3. Manfaatkan Wastafel

Sebelum memandikannya, siapkan dahulu handuk di dalam wastafel agar kelinci memiliki cengkeraman. Lalu isi wastafel dengan air hangat sekitar 2,5 inci. Tuangkan sampo atau sabun lembut di air.

4. Basuh dari bagian belakang

Basuh tubuh kelinci dari bagian pantat ke arah depan, tetapi jangan sampai membasahi kepalanya kecuali diperbolehkan oleh dokter hewan Anda. Pijat lembut bagian belakang kaki atau ekor dengan jari dan bersihkan kotorannya. Jika merasa sudah bersih, buang air dan ganti dengan yang baru untuk membilas tubuh mereka.

5. Mengeringkan tubuh

Gunakan handuk lembut lain untuk mengeringkan tubuh mereka. Anda juga dapat memakai hair dryer sekaligus sisir agar bulu-bulu mereka kembali rapi. Atur hair dryer pada panas terendah. Ingat, jangan arahkan pengering rambut ini ke wajahnya, beri jarak setidaknya 12 inci.

Pada dasarnya, kelinci dapat menjaga diri mereka sendiri, sama halnya dengan kucing. Hal yang perlu dilakukan secara rutin adalah memeriksa bagian dalam telinga mereka untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran. Jika ada, langsung bawa ke dokter hewan, sebab hal ini dapat menyebabkan kelinci terkena tungau telinga.

Itulah tips cara memandikan kelinci dengan benar yang dapat Anda ikuti. Selamat mencoba!

Leave a Reply

0
Scroll to Top