Paling Dicari! Inilah 10 Jenis Tanaman Keladi Hias yang Paling Top

Tanaman keladi termasuk ke dalam kategori tanaman hias dengan ragam jenis yang cukup bervariasi. Setiap jenis Tanaman keladi memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Mulai dari warna, corak hingga ukuran dan bentuk daun dari tanaman keladi ini sangatlah beragam. Tidak heran selama masa pandemi, tanaman hias begitu digandrungi dan menjadi primadona kembali di kalangan masyarakat. Salah satunya ialah tanaman hias keladi.

10 Jenis Tanaman Keladi Paling Top 2021

sumber: freepik.com (caladium bicolor)

Keladi ialah kelompok tumbuhan yang berasal dari genus Caladium atau suku talas-talasan dengan nama famili Araceae. Tanaman dengan ciri khas daun berbentuk hati atau jantung ini memiliki banyak jenisnya.

Berikut beberapa penjelasan terkait jenis tanaman keladi yang memiliki tampilan yang unik, cantik dan tentunya eksotis untuk menghiasi halaman rumah Anda. Jenis-jenis keladi ini diprediksi akan menjadi salah satu diantara banyaknya jenis tanaman hias yang akan diburu pada tahun 2021:

1. Caladium White Queen

sumber: flickr.com (Caladium White queen)

Tanaman hias keladi tahunan ini memiliki warna putih dengan tepi daun warna putih dan serat tulang daun berwarna merah seperti pembuluh darah. Mampu tumbuh dengan sinar cahaya matahari langsung dengan catatan kondisi tanah secara konsisten lembab.

Tanaman hias bergenus Caladium ini mampu tumbuh dengan tinggi dan lebar tajuk dari 1 kaki hingga 3 kaki, atau setara dengan kurang lebih 30-90 cm.

Harga dari keladi jenis ini dimulai dari harga Rp35.000 hingga mencapai Rp250.000 per tanaman.

2. Caladium Radiance

sumber: flickr.com (caladium radiance)

Jenis keladi hias caladium radiance ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Tepi daun tanaman keladi hias ini berwarna hijau dengan bercak warna merah muda yang menyebar di permukaan daun, serta warna tulang daun yang merah pekat.

Tinggi tanaman ini dapat mencapai 20 inchi atau setara dengan 50.8 cm dengan lebar tajuk 14 inchi. Harga dari tanaman ini dibanderol dengan kisaran Rp80.000 sampai Rp200.000.

3. Caladium Spring Fling

sumber: pinterest.com (caladium spring fling)

Tanaman keladi merah muda ini memiliki tampilan yang indah dan mampu tumbuh pada kondisi tempat yang subur dan teduh parsial atau naungan. Termasuk ke dalam tanaman tropis, bertulang dan bertepi daun sedikit warna hijau.

Warna pada beberapa keladi jenis ini lebih banyak atau dominan memiliki warna putih pucat (tidak berwarna merah muda) dengan serat tulang dan tepi daun yang sama, yaitu berwarna hijau muda.

Tanaman keladi jenis spring fling ini mampu tumbuh dengan tinggih 20-60 cm. Jenis keladi hias ini cukup hits dan top karena dibanderol dengan harga yang sangat fantastis yaitu kurang lebih Rp1.2 juta.

4. Caladium Thai Beauty

sumber: flickr.com (Keladi hias batik)

Jenis keladi hias ini dijuluki juga sebagai keladi batik. Hal tersebut dikarenakan corak pada daunnya menyerupai corak pada kain batik.

Bentuk daun yang sama seperti bentuk daun keladi lainnya, tetapi dengan warna tulang daun putih atau hijau, serta tepi daun berwarna hijau tua.

Mampu tumbuh dengan tinggi tanaman berkisar 30 cm, dengan harga jual berkisar Rp25.000-Rp95.000.

5. Caladium Miss Muffet

sumber: flickr.com (miss muffet)

Tanaman keladi jenis ini memiliki ciri khas corak berwarna merah muda terang dipermukaan daunnya. Memiliki daun berwarna putih pucat dengan warna hijau tipis pada tepi daun.

Umumnya ukuran dari tanaman miss muffet tidak terlalu besar dan mampu tumbuh berkisar antara 15 sampai 30 cm.

Dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan jenis keladi yang lain, yaitu berkisar antara Rp100.000 hingga Rp560.000.

6. Caladium Bicolor (Keladi Bintang Merah)

sumber: flickr.com (caladium bicolor)

Caladium bicolor termasuk jenis keladi yang lebih mudah ditemukan. Keladi jenis ini berasal dari Ammerika Tropis yang kini sudah tersebar luas hingga Indoneisa.

keladi jenis ini mampu tumbuh dan hidup di hutan tropis atau tempat lembap. Bahkan dibeberapa perkebunan jenis keladi ini termasuk dalam jenis tanaman pengganggu (gulma) berdaun lebar.

ciri utama dari tanaman keladi jenis ini ialah warna tulang daun yang mencolok berwarna merah muda dengan tepi daun hijau dan bercak putih di bagian tengah daun.

Bercak atau coraknya berbentuk bulat atau titik, juga bergaris seperti tidak beraturan.

Status konservasi keladi jenis Caladium bicolor tidak termasuk jenis yang dilindungi karena populasi di alam untuk jenis ini masih melimpah dan budidayanya mudah.

Harga yang dibanderol untuk keladi jenis ini sangatlah murah ialah sekitar Rp10.000 – Rp75.000.

7. Caladium Carolyn Whorton

sumber: flickr.com (caladium carolyn whorton)

Salah satu jenis keladi hias ini memiliki karakteristik dengan tulang daun berwarna merah yang pekat dan tegas. Permukaan daunnya dipenuhi bercak tidak beraturan berwarna putih, pink dan hijau. Tepi daun berwarna hijau gelap dengan bentuk daun seperti jantung.

Keladi jenis ini mampu tumbuh dengan ukuran tinggi dan lebar mencapai 45-60 cm. Tanaman keladi jenis ini tumbuh dengan menghindarai cahaya matahari secara langsung dan mampu hidup di bawah naungan.

Caladium carolyn whorton memiliki harga dengan kisaran Rp30.000-Rp85.000 per tanamannya.

8. Caladium Moonlight

sumber: flickr.com (caladium moonlight)

Keladi hias jenis ini jga disebut dengan Florida Moonlight. Ciri khas dari tanaman ini ialah dari warna daunnya yang berwarna putih cerah hampir diseluruh permukaan daun, seperti cahaya bulan di malam hari.

Akan tetapi terdapat gurat halus berwarna hijau pada bagian daun dan tepi daun berwarna hijau muda.

Warna putihnya yang cerah cukup menonjol dan jadi daya tarik tersendiri. Mampu tumbuh dari 18 inchi hingga 24 inchi atau setara dengan 45.72 cm hingga 60.96 cm.

Harga yang dibanderol sekitar Rp200.000 per tanaman.

9. Caladium Gingerland

sumber: flickr.com (caladium gingerland)

Caladium gingerland atau disebut juga Angel Wings, memiliki tepi daun hijau dan warna daun yang cerah disertai corak atau bercak berwarna merah cranberry.

Keladi jenis ini mampu tumbuh dengan tinggi mencapai 40-60 cm. Cocok untuk iklim tropis dan daerah naungan.

Harga yang dibanderol untuk tanaman jenis ini sekitar Rp15.000 hingga Rp60.000.

10. Caladium Amazon

sumber: shutterstock.com (caladium amazon)

Keladi jenis Caladium amazon ini sekilas mirip dengan keladi hias tengkorak hitam. Karakteristik khasnya yaitu tepi daun yang bergelombang, dengan warna tulang daun berwarna putih.

Tanaman keladi ini diprediksi akan tren di tahun 2021 dikarenakan kemiripannya dengan tampilan keladi tengkorak hitam. Tinggi tanaman diperkirakan mencapai 40-50 cm.

Harga yang dibanderol untuk tanaman keladi hias jenis amazon ini ialah sekitar Rp25.000 hingga Rp100.000.

Perkiraan harga-harga tanaman keladi hias diatas tidaklah sama disemua tempat atau penjual. Harga jual dapat ditentukan dari kualitas, ukuran, dan jenis dari keladi yang dijual.

Tentunya cara perawatan tanaman keladi yang baik akan menghasilkan tanaman keladi hias yang lebih baik dan harga yang lebih baik juga.

Leave a Reply

0
Scroll to Top