Ingin Bisnis Ternak yang Paling Menguntungkan? Pelihara Ayam Pelung, Yuk!

Usaha ternak menawarkan peluang keuntungan yang cukup menjanjikan. Apalagi, kebutuhan terhadap bahan pangan membuat bisnis ini seolah tak pernah sepi. Selain itu, kamu juga dapat memilih berbagai jenis ternak yang ingin dipelihara. Nah, bagi kamu yang ingin mencari peluang bisnis ternak yang paling menguntungkan, memelihara ayam pelung adalah salah satu keputusan menarik.

ternak yang paling menguntungkan
Sumber gambar: Jual Ayam Hias

Ayam pelung memang masih kurang begitu familier di telinga masyarakat awam. Ayam ini termasuk dalam kategori ayam lokal asli Indonesia yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Sekilas, penampilannya memang mirip dengan ayam kampung biasa. Namun, kamu bakal menemukan perbedaan yang mencolok pada ukuran tubuhnya yang terlihat lebih besar.

Alasan Ayam Pelung Jadi Pilihan Bisnis Ternak yang Paling Menguntungkan

Menyebut ayam pelung sebagai ternak yang paling menguntungkan bukan tanpa alasan. Ketika memilih usaha ini, kamu akan memperoleh 4 kelebihan utama, yaitu:

1. Ayam hias yang sering diburu

Ayam pelung jantan termasuk sebagai salah satu jenis ayam hias yang sering dicari oleh para penghobinya. Tak jarang, kamu juga bakal menemukan kontes ayam pelung. Dibandingkan dengan ayam lain, ayam pelung mempunyai suara kokok yang khas dan panjang. Selain itu, badan yang berukuran besar membuat ayam ini terlihat lebih gagah.

2. Pertumbuhan yang cepat

Faktor selanjutnya yang membuat ayam pelung sebagai ternak yang paling menguntungkan adalah fakta bahwa ayam ini punya pertumbuhan tubuh yang sangat cepat. Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan ternak ayam pelung sebagai ayam pedaging ataupun ayam petelur.

Untuk bisa memperoleh keuntungan dari penjualan telur ayam pelung tidak terlalu lama. Ayam pelung mulai bisa menghasilkan telur ketika menginjak usia 7 hingga 9 bulan. Dalam sekali periode bertelur, kamu ubisa memperoleh sebanyak 9 sampai 14 butir telur.

3. Nilai jual tinggi

Keuntungan selanjutnya dari ternak ayam pelung adalah nilai jualnya yang sangat tinggi. Bayangkan saja, untuk anakan berusia satu bulan, kamu bisa menjual sepasang ayam pelung dengan harga antara Rp150 hingga Rp200 ribu. Kalau ingin menjual ayam pelung berusia dewasa, harga sepasangnya bisa mencapai Rp1,2 sampai Rp1,5 juta.

4. Punya ketahanan tinggi terhadap penyakit

Ayam pelung merupakan ayam lokal ras unggul yang beda kalau dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Selain dibuktikan dari ukuran tubuhnya, ayam pelung juga mempunyai keunggulan lain pada daya tahan terhadap serangan penyakit.

Saat menjalankan bisnis ternak yang paling menjanjikan ayam pelung, kamu akan mendapati kalau ayam ini jarang terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatannya, kamu perlu memperhatikan tingkat kebersihan kandang. Selain itu, beri tambahan pakan seperti jahe dan kencur untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, terutama ketika memasuki musim pancaroba.

Nah, itulah pilihan bisnis ternak yang paling menjanjikan yang dapat kamu jalankan. Semoga bermanfaat, ya.

(Baihaki/Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top