Bahan Pakan Ikan Nila, Inilah 4 Jenis Terbaik dan Paling Ekonomis

Membudidayakan ikan nila tidak terlepas dari memikirkan bahan pakan ikan nila. Bagi orang awam, mungkin berpikir bahwa pakan nila haruslah produk buatan pabrik agar cepat berkembang. Namun sebenarnya, pakan untuk nila bisa didapat dengan mudah, bahkan tanpa membelinya. Hal ini karena ternyata ikan nila bisa diberi pakan bahan-bahan organik. Dengan memilih pakan yang baik, ikan nila bisa berkembang dengan cepat dan bisa cepat dipanen.

pakan ikan nila star farm
https://kolamterpal.net

4 Pakan Ikan Nila Ekonomis Terbaik

Berikut ini ada 4 bahan pakan ikan nila paling ekonomis namun bagus bagi pertumbuhan ikan, yaitu:

  1. Ampas kelapa
    Siapa sangka bahwa ampas kelapa bisa menjadi pakan yang sehat bagi ikan nila? Ampas kelapa mengandung karbohidrat yang baik bagi perkembangan ikan nila. Dengan ampas kelapa, biaya pakan bisa ditekan karena bisa menggunakan ampas bekas.
  2. Lumut
    Jika stok ampas habis, lumut bisa digunakan sebagai pakan ikan nila. Lumut mengandung banyak mineral yang membuat ikan nila tumbuh dengan pesat. Untuk mendapatkan lumut tentu tidak perlu membelinya karena bisa didapatkan dengan mengunjungi tempat lembab, sawah atau pergi ke sungai terdekat.
  3. Talas dan sayur hijau lainnya
    Pakan selanjutnya adalah daun talas dan beberapa jenis sayur hijau lainnya yang bertekstur lembut seperti kangkung. Makanan alami ini bisa diperoleh di pinggir sungai atau parit dekat sawah. Daun talas dan sayur hijau lainnya sering digunakan sebagai pakan karena membantu ikan nila tumbuh dengan cepat.
  4. Sisa makanan
    Jika makanan seperti nasi tidak habis, bisa juga digunakan sebagai pakan. Sebagai contoh adalah nasi dan roti. Nasi mengandung karbohidrat yang berguna bagi pertumbuhan ikan.

Itulah keempat jenis bahan pakan bagi ikan nila yang sangat ekonomis. Anda bisa memberi makan ikan nila dengan keempat jenis pakan di atas secara bergantian untuk menghemat biaya. Dengan memberikan bahan pangan yang alami, ikan tidak akan tergantung terhadap bahan pakan buatan. Anda juga tidak perlu membeli pakan buatan sehingga akan lebih menghemat pengeluaran. Beri pakan ikan nila yang organik agar tumbuh ikan lebih cepat secara alami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *