Mengenal Hama dan Penyakit Ikan Lele serta Cara Mengatasinya

Meskipun lele termasuk kebal terhadap penyakit, namun dalam beberapa kasus ditemukan hama dan penyakit ikan lele yang cukup merugikan. Hama biasanya datang dari makhluk hidup lain, sedangkan penyakit biasanya datang dari mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan virus. Dari sekian banyak penyakit lele, ada beberapa yang paling sering menyerang.

hama dan penyakit ikan lele star farm
www.sara-tx.org

Jenis-jenis Hama dan Penyakit Ikan Lele yang Sering terjadi

Berikut ini adalah tiga jenis hama dan penyakit ikan lele yang biasa menyerang beserta solusi hingga pencegahannya.

  1. Bakteri aeronomas hydrophila
    Serangan penyakit pertama yang cukup sering terjadi adalah serangan bakteri aeronomas hydrophila. Serangan bakteri ini bisa diketahui dengan melihat gejala pada ikan lele yang ditandai dengan perutikan menggembung, pangkal sirip bengkak da nada luka di tubuh ikan.
    Bakteri ini berkembang biak dan menyerang lele akibat adanya sisa pakan yang membusuk di dasar kolam. Untuk mengatasinya, sebaiknya memperhatikan pemberian pakan dan memperhatikan suhu air. Ikan yang telah terinfeksi namun belum parah bisa diobati dengan antibiotik. Sebagai pencegahan, gantilah air kolam sesering mungkin.
  2. Penyakit bintik putih
    Penyakit selanjutnya adalah penyakit bernama bintik putih yang disebabkan oleh mikroorganisme yang menyerang ikan. Ikan yang terinfeksi biasanya memiliki tanda bintik-bintik putih dan akan membuat ikan menggosokkan badannya ke dinding kolam.
    Untuk mengobati dan menghindarinya, bisa dengan memindahkan ikan lele ke kolam yang lebih bersih dengan suhu 28 Celcius.
  3. Belut dan katak
    Selain penyakit, hama yang menyerang lele adalah belut dan katak. Keduanya bisa saja menyerang benih ikan lele jika kolam ikan dekat dengan persawahan. Solusinya adalah dengan menggunakan kolam terpal yang tidak langsung berbatasan dengan tanah. Dengan menggunakan terpal dan memasang saluran air, hama lainnya juga bisa dihindari. Hama lainnya adalah seperti ikan gabus dan ikan mujahir yang bisa menjadi predator bagi benih ikan lele.

Dengan memahami hama dan penyakit ikan lele, Anda yang sedang membudidayakan ikan lele bisa mengatasi dan menghindari masalah-masalah yang menyerang ikan lele.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *