Hama dan Penyakit Ikan Nila Paling Sering Terjadi

Meskipun ikan nila termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang cukup tahan terhadap penyakit, namun ternyata ada beberapa hama dan penyakit ikan nila yang sering menyerang. Biasanya, ikan nila yang terserang penyakit dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sirkulasi udara dalam air, kondisi air hingga perawatan yang dilakukan. Dari sekian banyak penyakit yang bisa menjangkiti ikan nila, ada tiga jenis hama dan penyakit yang paling sering menyerang. Informasi selengkapnya di bawah ini.

hama dan penyakit ikan nila star farm
www.earlham.ac.uk

3 Hama Penyakit Ikan Nila dan Solusinya

Berikut ini akan dijelaskan tiga penyakit yang paling sering menyerang ikan nila.

  1. Jamur
    Penyakit pertama adalah ikan nila dijangkiti oleh jamur. Jamur yang menyerang ikan nila bernama jamur saprolegnia yang biasanya menyerang bagian ekor, sirip, kulit dan insang.
    Sebagai solusinya, ikan yang terjangkit jamur harus dipisahkan dan rendam infeksi ke dalam air garam. Ukuran air garamnya tidak boleh sembarang, yaitu sekitar 15 gram untuk satu kg air.
  2. Serangga notonecta
    Selanjutnya, ikan nila bisa diserang oleh serangga notonecta. Hama ini bentuknya seperti beras dan biasanya menyengat benih ikan nila. Benih ikan nila yang disengat serangga ini bisa mati.
    Solusi untuk masalah hama serangga yang disebut juga dengan bebeasan ini adalah dengan memastikan kebersihan kolam ikan. Jika ada kemungkinan saluran air dari luar, maka buatlah saringan sekecil mungkin agar telur serangga ini tidak masuk ke kolam.
  3. Larva kumbang air
    Larva kumbang air merupakan hama yang sering menyerang ikan nila dengan memangsa benih ikan nila yang masih kecil menggunakan ekornya. Biasanya, hama ini dikenal juga sebagai ucrit atau larva cybister.
    Solusi untuk mengatasi hama ini adalah dengan membersihkan kolam ikan menggunakan jaring kecil. Karena termasuk hewan yang gesit, bisa juga dengan memindahkan benih ikan ke kolam yang lebih aman.

Selain ketiga yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi hama dan penyakit ikan nila lainnya. Agar ikan nila tidak mudah terserang penyakit, pastikan untuk selalu mengontrol kebersihan kolam secara rutin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *