5 Obat Penting yang Harus Tersedia di Kandang

Mengutamakan kesehatan adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam usaha peternakan. Karenanya, ada beberapa obat penting yang harus tersedia di kandang. Mencegah terjadinya penyakit memang lebih baik, namun kita tidak bisa memprediksi ternak bisa selalu sehat dan terbebas dari penyakit. Virus, bakteri dan parasit bisa menular dengan sangat mudahnya. Oleh sebab itu, bukan hal sia-sia jika peternak menyiapkan obat-obat berikut sebagai tindakan pertama saat ternak terserang penyakit tertentu. Setidaknya, inilah upaya yang bisa segera diambil untuk merawat kesehatan hewan ternak.

Daftar Obat Penting yang Harus Tersedia di Kandang

Selain untuk merawat hewan ternak yang sedang sakit, obat-obatan dan vitamin juga bisa digunakan untuk menjaga supaya bisa tetap sehat. Membuat hewan ternak terhindar dari penyakit yang bisa menurunkan kualitas dan menyebabkan kematian. Inilah lima obat penting yang harus tersedia di kandang, diantaranya adalah :

1. Obat Cacing

Salah satu obat cacing yang cukup bagus untuk membunuh cacing adalah Ivermectin. Ivermectin diaplikasikan dengan cara injeksi subkutan, pbat ini bisa melindungi ternak dari infeksi cacing dan parasit di kulit seperti caplak, kutu, dan kudis. Fungsi utamanya adalah untuk membunuh cacing gelang gastrointestinal dan lungworms.

Selain ivermectin yang diaplikasikan secara injeksi subkutan, ada juga yang penggunaannya dengan oral dan juga oles di kulit, contoh yang pengaplikasiannya secara oral adalah albendazole, penggunaan oral lebih mudah digunakan oleh peternak, karena tidak perlu keahlian khusus untuk menyuntik ternak jika tidak ada dokter hewan atau mantri yang menyuntiknya. Pemakaian obat cacing digunakan pada bulan pertama saat ternak datang ke kandang, setelahnya dapat diulangi setiap 3 – 4 bulan.

2. Obat Semprot Luka

Peternak juga harus mempersiapkan obat semprot luka untuk mencegah infeksi pada luka. Obat yang direkomendasikan adalah gusanex, limoxin spray, dan juga alamycin spray. Obat luka sangat penting tersedia di kandang, karena jika luka dibiarkan akan dapat menyebabkan infeksi, dihinggapi lalat, sehingga muncul larva lalat atau biasa disebut belatung.

Obat semprot luka praktis dalam penggunaannya, hanya disemprot ke luka ternak, tubuh ternak yang luka rawan infeksi, karena kondisi kandang yang rawan kotor, sehingga obat semprot luka sangat penting untuk selalu tersedia di kotak P3K kandang. Pada ternak sapi, obat ini dapat digunakan pada luka supaya tidak terserang larva screw worm. Bisa juga diaplikasikan pada tali pusar anak sapi yang baru lahir agar tidak mengalami infeksi.

3. Vitamin

Hewan ternak juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatannya. Peternak dapat menggunakan Multivitamin dan Vitamin B Kompleks yang dijual bebas di pasaran. Vitamin berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh pada sapi serta meningkatkan metabolismenya.

Vitamin adalah obat penting yang harus tersedia di kandang. Umumnya, sapi yang baru saja sembuh dari penyakit akan nampak loyo dan kurang bersemangat. Obat ini akan membantu dan menjadi booster yang akan mengembalikan stamina hewan ternak. Bisa juga digunakan pada sapi yang habis melahirkan atau sehabis melakukan perjalanan jauh.

4. Antibiotik

Sama seperti pada manusia, hewan juga membutuhkan asupan antibiotik untuk membunuh bakteri secara permanen. Pemberian antibiotik harus dengan resep dan pantauan dokter hewan. Tanpa resep, peternak sangat tidak dianjurkan memberikan antibiotik sendiri. Pemberian dosis antibiotik yang salah bisa menyebabkan resistensi terhadap bakteri tertentu. Akibatnya, jika terjadi serangan bakteri berulang, obat ini tidak lagi efektif untuk membasminya.

5. Obat Pembasmi Lalat

Lalat memang merupakan hewan pengganggu yang bisa juga menjadi sumber penyakit. Peternak harus mengupayakan agar kandang terbebas dari hewan ini. Salah satu obat pembasmi lalat yang bagus dan direkomendasikan adalah toxilat dan juga ralat atau ambalat.

Obat ini berbentuk butiran dengan aroma tertentu dan sangat efektif untuk mengusir lalat. Obat pembasmi lalat ini bisa diaplikasikan dengan cara dicampur dengan air dan dioleskan pada tempat di mana lalat hinggap. Toxilat tidak berbahaya terhadap ternak, jika terjilat atau termakan oleh ternak pun tidak membahayakan nyawanya. Toxilat selain bisa dipakai di kandang, juga bisa digunakan untuk di rumah ataupun restoran.

Peternak harus sedapat mungkin mempersiapkan kelima obat penting yang harus tersedia di kandang ini sebagai upaya pencegahan. Kesehatan hewan ternak harus benar-benar diperhatikan dengan ekstra mengingat beberapa penyakit bisa menular dengan mudahnya. Perlu diingat, hewan ternak yang sehat adalah kunci kesuksesan peternak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top