Meski Dianggap Mirip, Simak Perbedaan Buah Nangka dan Campedak

Nangka memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus. Kulit berduri, buah daging berwarna kuning dengan biji yang kecil , dan aroma yang cukup harum merupakan ciri-ciri dari buah nangka. Tetapi ternyata bukan hanya nangka saja yang memiliki ciri ini. ada satu buah yang sering disebut mirip dengan nangka, yaitu buah campedak. Pernah melihat atau memakan buah campedak?.

Campedak merupakan salah satu buah lokal yang ada di Indonesia. Selain itu, campedak juga Masih satu keluarga dengan nangka meski kepolulerannya masih kalah dan cenderung kurang dikenal oleh masyarakat indonesia. Meskipun sering dinilai mirip, nangka dan campedak memiliki banyak perbedaan looh.

1. Ukuran

Dari segi ukuran, buah campedak memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah nangka. Buah nangka memiliki ukuran yang besar dan berisi, daging buah yang dimilikinya juga cukup besar dengan biji ditengahnya. Sedangkan campedak memiliki ukuran yang kecil bahkan hanya memiliki berat sekitar dua sampau tiga kilogram saja. Berbeda dengan buah nangka yang memiliki berat mencapai 20 kg.

image via health.kompas.com

2. Bentuk

Jika dilihat dari bentuk, umumnya campedak memiliki bentuk oval yang memanjang, Sedangkan bentuk dari buah nangka sangat variatif. Buah nangka bisa menjadi berbagai bentuk, misalnya bulat, lonjong, atau tidak beraturan sekalipun. Duri yang terdapat pada buah nangka juga cenderung lebih tajam dari buah campedak.

image via alodokter.com

3. Tekstur dan warna daging buah.

Nangka memiliki tekstur daging buah yang padat dan kenyal, selain itu bentuknya juga memanjang. Warna daging buah dari Nangka adalah kuning , Sedangkan campedak tekstur yang dimilikinya  lembek hampir mirip dengan buah durian. Warna dari buah campedak yaitu kuning muda dengan bentuk yang agak bulat.

image via travel.tempo.co

4. Aroma

Nangka dan campedak adalah buah yang memiliki aroma cukup menyerbak. Jika sudah masak, bau dari kedua buah ini bisa tercium kemana-mana. Untuk dibedakannya, aroma dari buah campedak sedikit lebih kuat dari nangka. Oleh sebab itu, banyak yang mengatakan lebih mirip dengan bau dari buah durian.

Meskipun keberadaanya tersebar hampir diseluruh Indonesia, tetapi buah campedak sedikit sulit untuk ditemukan. Hal itulah yang menyebabkan buah ini kurang populer di masyarakat.

Campedak terdapat banyak dibeberapa daerah seperti Kalimantan tetapi tidak banyak yang menjual campedak di Jawa. Berbeda dengan nangka yang bisa ditemukan dengan mudah di mana pun. Meski jarang ditemukan, cobalah untuk memakan campedak dan rasakan perbedaanya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top