Wajib Diketahui Manfaat Melinjo dari Buah Hingga Daunnya

Melinjo merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan baik buah maupun daunnya. Biasanya buah dan daun melijo dimanfaatkan sebagai sayur atau buahnya bisa dibuat menjadi makanan ringan seperti emping. Melinjo mudah sekali ditemukan di Indonesia, untuk itu keberadaanya sudah tidak asing lagi. Pohonnya cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 25 meter. Daun melinjo yang dimanfaatkan biasanya daun muda yang memiliki warna hijau muda.

image via klikdokter.com

Dalam satu pohon melinjo, menghasilkan banyak sekali buah. Buahnya berbentuk bulat lonjong dengan kulit tipis dan memiliki kerangka yang keras dibagian dalamnya. Ketika sudah matang, kulit buah melinjo berwarna merah. kulit ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan makanan. Meskipun rasanya sedikit terasa pahit, namun melinjo memiliki banyak sekali manfaat. Asalkan tidak berlebihan mengonsumsinya.

image via tagar.id

1. Menjaga kesehatan kulit

Di dalam melinjo, terdapat zing yang dapat membantuk fungsi sel darah putih. Sel darah putih berfungsi sebagai penghalang infeksi jamur dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu juga dapat sebagai proses penyembuhan dan dapat memproduksi kolagen yang dapat berfungsi sebagai kesehatan kulit.

2. Kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ manusia yang berfungsi sebagai penyaring dan pembuang limbah seperti garam, urea dan racun. Kesehatan ginjal sangat penting untuk diperhatikan, karena jika tidak dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang cukup serius. Melinjo mengandung fosfor yang dapat membatu kesehatan ginjal.

3. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Bintik hitam dan kulit yang keripun menjadi salah satu ciri dari penuaan dini. Melinjo mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

4. Mencegah anemia

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia. Hal tersebut dikarenakan sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen kedalam tubuh tidak terpenuhi. Akibatnya tubuh bisa menjadi lemah, Lelah dan pusing. Melinjo dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

5. Meningkatkan stamina

Banyak makanan yang bisa dibuat dari melinjo, seperti emping atau dibuat sebagai sayur. Buah melinjo yang sudah diolah  mengandung kalori yang bisa membuat tubuh berenergi.

Selain kelima manfaat tadi masih banyak manfaat lain yang dimiliki melinjo. Seperti dapat ,mencegah penyakit jantung, mengobati luka, melancarkan urin, dan juga bisa sebagai bahan pengawet alami.

Leave a Reply

0
Scroll to Top