fbpx

Menguak! Mitos Ayam Cemani Yang Beredar Di Lingkungan Masyarakat

Ayam Cemani adalah salah satu jenis ayam dari beberapa ratus jenis ayam yang ada di dunia. Merupakan salah satu ayam asli dari negara Indonesia tepat nya dari pulau jawa bagian tengah dan timur. Cemani merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa yang berarti hitam legam. Ayam ini sangat unik sekali bila kita melihat wujudnya.

Ayam Cemani, Ayam Mistis dengan Julukan Ayam Lamborghini yang Mendunia |  Warung Sains Teknologi
image via apakabar24bisnis.com

Sebenarnya ciri fisiknya sama dengan jenis lainnya, yang membedakan yaitu seluruh tubuhnya dari kepala hingga kaki berwarna hitam. Daging nya pun bila diolah dan dikonsumsi sama saja rasanya dengan ayam pada umumnya yang membedakan yaitu berwarna hitam.

Ayam cemani sangat kental sekali dengan perjalanan spritualnya. Merupakan binatang peliharaan kerajaan-kerajaan pada zaman dulu. Memiliki banyak mitos dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah macam-macam mitos tentang ayam cemani

Membawa Keberuntungan

Dari sisi sosial mungkin ayam ini dikatakan membawa keberuntungan karena mempunyai harga yang cukup tinggi yaitu sekitar 2 juta- 4 juta. Orang Eropa salah satu yang banyak mengincar ayam ini karena keunikannya yang dimiliki. Dalam sisi mistis mitosnya ayam ini sering disebut menjadi ayam pesugihan karena sangat disukai oleh bangsa ghaib.

Ayam langka

Cemani merupakan salah satu jenis ayam langka yang ada di Indonesia maupun dunia. Jadi tidak heran jika memiliki harga yang cukup mahal dipasaran. Karena jarang sekali ada yang membudidayakan ayam jenis satu ini. Seperti dikutip penjelasan diatas karena ayam ini mitosnya bertentangan dengan agama islam karena sering kali selalu dikaitkan dengan hal mistis yaitu pesugihan.

Ayam tua sudah ada sejak jaman kerajaan

Diperkirakan ayam ini pertama kali ditemukan di pulau Jawa tepatnya Jawa Tengah di kota Temanggung. Ayam ini ditemukan sekitar abad-15, pemilik ayam cemani yang pertama yaitu berasal dari kerajaan Majapahit Ki Ageng Mangkuhan.

Ayam pelengkap upacara adat (sajen)

Cemani seringkali dijadikan sajen dalam upacara adat khususnya didaerah Jawa. Ayam ini seringkali terdapat di acara upacara adat syukuran panen melimpah, saketenan dan bersih desa. Mitosnya karena ayam cemani dipercaya bisa menolak bala dan agar terhindar dari suatu bencana khususnya gangguan mahluk ghaib.

Seluruh bagiannya berwarna hitam

Bukan saja luarnya saja ayam ini memiliki warna berwarna hitam. Namun bagian dalamnya seperti daging dan organ-organnya ternyata berwarna hitam. Mitosnya ada yang mengatakan bahwa darahnya pun ada yang berwarna hitam, jika berwarna hitam dipercaya ayam ini memiliki energi yang yang sangat kuat dan bagus untuk pelengkap dalam upacara adat.

Itulah beberapa fakta unik tentang ayam cemani.  Semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang ayam cemani. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top