fbpx

Tupai Mamalia Gesit Yang Memiliki Tingkat Kecerdasan Di Atas Rata-Rata

Tupai seringkali disamakan oleh masyarakat dengan bajing memang sekilas terlihat tidak ada perbedaan diantara keduanya, padahal mereka itu memiliki perbedaan. Merupakan tergolong jenis hewan mamalia pemangsa serangga namun kadang memakan buah-buahan juga. Spesies nya di alam liar jika di Indonesia banyak dijumpai di Pulau Kalimantan. Dari 20 spesies yang ada di seluruh dunia ada 12 yang terdapat di provinsi Kalimantan.

Wallpaper Tupai Berdiri HD unduh gratis | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com
Berikut contoh-contoh spesies tupai dan ciri-cirinya yang ada di Indonesia :

1. Mentawai

Tupai ini memiliki ciri mencolok pada ekornya yang cukup panjang serta mempunyai indra penglihatan, penciuman, dan pendengeran yang tajam. Termasuk kedalam jenis omnivora biasa memangsa serangga-serangga kecil, buah-buahan, serta biji-bijian.

2. Kekes

Mempunyai ciri tubuh yang lebih ramping dan ekor panjang sedikit melebar. Biasa hidup disekitar hutan-hutan kecil seperti perkebunan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon kecil. Makanan utama nya berupa serangga dan buah-buahan. Bisa juga memakan hewan-hewan kecil lain sejenis serangga. Biasanya mengunjungi pohon-pohon yang telah tumbang dan kering karena disitu sering kali ditemukan adanya serangga.

3. Indah

Tupai ini berwarna agak kemerahan namun tubuh bagian atas cenderung memiliki warna aga gelap serta mempunyai warna terang untuk bagian pinggir-pinggirnya. Biasa berdiam diri pada pohon yang agak tinggi agar terhindar dari predatornya. Tupai indah biasa memangsa serangga-serangga kecil serta biji-bijian.

4. Tanah

Merupakan jenis tupai yang memiliki ukuran tubuh paling besar dari jenis tupai-tupai lain. Tersebar luas di pulau Kalimantan dan Sumatera. Jenis ini aktif pada siang hari untuk mencari makannya, termasuk yang paling gesit dan lincah dari jenis tupai lain. Tupai tanah lebih sering menghabiskan waktunya di dataran rendah seperti pada pohon-pohon yang telah tumbang, maka dari itu alasan kenapa jenis ini dinamakan tupai tanah.

5. Ramping

Tupai ini memiliki ekor yang panjang, bagian tubuh atas cenderung lebih gelap dibandingkan bagian bawah. Tersebar luas dipulau Kalimantan, Bangka Belitung, dan Karimata.

Tupai memiliki banyak fakta unik yang mungkin belum kalian ketahui, berikut adalah fakta dan kelebihan yang dimiliki tupai:

1. Pintar Mengelabui dan Berbohong Kepada Musuhnya

Hewan mamalia satu ini sangat pintar soal mengelabui musuhnya, contohnya jika ada predator yang datang untuk mengincar makanan miliknya dia akan menggali tanah dengan tujuan berpura-pura menyimpan makanan yang dimilikinya tersebut di dalam tanah padahal makanannya tersebut sudah ditaruh ditempat lain yang lebih aman.

2. Tergolong Hewan yang Cerdas

Tupai salah satu tergolong hewan yang sangat cerdas bagaimana tidak, dia bisa menghafal dan apabila menyimpan makanan nya di suatu tempat dia bisa mengkategorikan jenis-jenisnya secara benar dan rapi. Makanannya berupa biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Pintar Melompat Jauh Dari Pohon Kepohon

Mungkin fakta yang satu ini sudah tidak diragukan lagi oleh jenis mamalia yang satu ini. Tupai bisa melompat hingga jarak 4 meter secara gesit dari pohon satu ke pohon lainnya, sehingga terlihat seakan-akan dia terbang.

Itulah ulasan seputar salah satu mamalia pintar yaitu tupai, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentanghewan tupai. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah!


Leave a Reply

0
Scroll to Top