Inilah! Manfaat Tanaman Cengkeh Tanaman Asli Bumi Ibu Pertiwi

Cengkeh adalah sebuah tanaman yang berasal asli dari negara Indonesia, yang memiliki ciri khas wangi nya yang sangat menyengat serta harum. Sudah populer sejak jaman penjajahan dulu karena memiliki segudang manfaat. Pada awalnya jenis tanaman ini hanya tumbuh di 5 kepulauan kecil sekitar provinsi Maluku, namun seiring nya waktu berjalan sudah menyebar luas diseluruh wilayah Indonesia.
Tren Untuk Gambar Tanaman Cengkeh - Bunga Hias
image via tanaman23.id

Provinsi/pulau yang terkenal sekali akan melimpahnya cengkeh yaitu provinsi Maluku. Sampai-sampai masih ada tanaman cengkeh tertua disana yang diperkirakan berumur 416 tahun. Bisa menghasilkan cengkeh 400 kg setiap tahunnya.

Tanaman ini dulu pertama kali digunakan sebagai sarana wewangian mulut untuk menghindari bau mulut tak sedap atau sebagai rempah-rempah makanan. Namun semakin berkembangnya jaman tanaman ini banyak sekali dimanfaatkan bukan untuk sebagai wewangian mulut saja.

Tetapi sebagai bumbu rempah-rempah pelengkap masakan pedas terutama di benua Eropa dan bahan baku pembuatan rokok. Cengkeh memiliki zat kandungan yang bernama eugenol yang biasa digunakan oleh para dokter gigi untuk meredakan sakit saraf pada gigi.

Cengkeh sudah meraba luas di wilayah Indonesia termasuk provinsi Jawa Barat. Tanaman ini menjadi komoditas, menduduki urutan ke 3 setelah ada komoditas yang menduduki di atasnya yaitu kelapa dan teh. Sukabumi merupakan kota yang paling luas area perkebunan cengkeh nya memiliki luas sekitar 6,7 hektar dengan produktivitas sebanyak 1366 ton setiap tahunnya.

Cengkeh kering memiliki pasaran 90 ribu-95 ribu untuk harga per kilo nya biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan rokok, minyak atsiri, dan rempah-rempah pelengkap bumbu masakan. Diluar negeri cengkeh juga banyak dimanfaatkan sebagai aroma terapi dan mengobati sakit gigi.

Tanaman satu ini terbilang ampuh untuk mengobati sakit gigi karena mengandung zat eugenol yang berkhasiat menetralisir serta meredakan sakit pada saraf gusi gigi.

Tanaman ini tumbuh subur pada wilayah yang memiliki iklim tropis atau subtropis dengan curah hujan sebesar 2.300 mm pertahunnya. Biasa ditanam pada wilayah dataran tinggi seperti pegunungan perbukitan yang memiliki suhu yang cocok untuk jenis tanaman satu ini. Petani cengkeh biasa panen berkisar pada bulan Juni-Oktober.
Bunga cengkeh jika sudah matang akan jatuh ke tanah secara alamiah. Produktivitas cengkeh yang melimpah biasanya jika pohon sudah memiliki umur sekitar 10 tahun, jika sudah menginjak umur 30 tahun tanaman ini akan mengalami penurunan produktivitas.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekspor cengkeh terbesar di seluruh dunia. Bagaimana tidak, tanaman satu ini merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan rokok dan pelengkap bumbu masakan serta minyaknya yang akan kaya manfaatnya.

Itulah ulasan seputar tanaman cengkeh, Semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang tanaman cengkeh. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top