Jenis Ikan Konsumsi Penghasil Pundi Rupiah Yang Sangat Laris Di Pasar

Apa itu ikan

Ikan adalah salah satu mahluk hidup unik dan bermanfaat ciptaan tuhan. Habitat ikan yaitu air seperti sungai, lautan, rawa dan masih banyak lagi. Bernafas menggunakan insang, merupakan salah satu spesies hewan air terbanyak alam yaitu terdapat lebih dari 29.000 spesies di dunia. Beberapa daerah Indonesia memiliki banyak sebutan yang berbeda contohnya bagian Pulau Jawa sebelah timur disebut dengan sebutan Iwak dan Lauk nama bagi penduduk Pulau Jawa bagian Barat.

Hasil gambar untuk gurame
image via workamerica.co

Di beberapa daerah seluruh dunia kita pasti menemukan yang namanya ikan. Seringkali dikonsumsi oleh manusia diseluruh dunia karena memiliki rasa yang lezat dan kandungan yang penting bermanfaat bagi tubuh manusia.

Kali ini kita akan membahas tentang jenis ikan apa saja yang sangat laris di pasaran terutama untuk dikonsumsi, Berikut adalah contoh jenis yang laris manis di Indonesia:

Ikan air tawar

1. Ikan Gurame

Ikan Gurami - Asal Usul, Ciri-Ciri Ikan Gurami Jantan dan Betina, Makanan  Gurami
image via tanahkaya.com

Siapa yang tak mengenal ikan yang satu ini, Gurame banyak kita jumpai di perairan indonesia. Fakta ini dapat dibuktikan sendiri dengan mendatangi peternak budidaya yang ada di negeri kita. Bisa juga berkunjung ke rumah-rumah makan pasti akan ada salah satu hidangannya dirumah makan tersebut.

Karena jenis ikan satu ini memiliki rasa yang khas yaitu gurih dan lezat. Biasa diolah menjadi hidangan pedas, gulai, bisa juga hanya digoreng. Walaupun hanya digoreng tetap memiliki rasa yang lezat dengan rasa yang khasnya yaitu gurih.

2. Ikan Lele

Ini dia! 10+Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah Berikut Petunjuknya -  BAABUN
image via beabun.com

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang laku keras di pasaran Indonesia, karena memiliki harga terjangkau namun terkenal dengan cita rasanya yang gurih. Salah satu fakta yang terpampang jelas yaitu banyaknya warung atau rumah makan pecel lele yang buka setiap sore hampir seluruh Indonesia khususnya Pulau Jawa.

Harga bibit yang sangat bersahabat di kantong menjadikan banyaknya pembudidaya negeri kita membudidayakan salah satu ikan ini. Bukan itu saja karena budidaya terbilang sangat mudah dan praktis.

Ikan air laut

3. Ikan Tuna

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Tuna
image via masakandapur.com

Bukan hanya ikan air tawar saja yang memiliki banyak permintaan di pasaran. Air laut juga banyak, salah satunya yaitu Tuna. Berawal dari melimpahnya di perairan laut Indonesia dan harganya yang terjangkau di kantong sehingga banyaknya permintaan di Indonesia bahkan dunia.

Ikan Tuna juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita contohnya mengandung nutrisi yang bagus. Baik bagi kecerdasan otak dan sangat baik juga bagi ibu yang sedang hamil karena mengandung merkuri yang baik bagi janin. Namun tetap konsultasi dengan dokter jika ingin makan Tuna.

4. Ikan Teri

Jual Ikan teri Jambi di Lapak William | Bukalapak
image via shoope.co.id

Ikan yang memiliki ciri khas bentuk ukuran tubuhnya kecil se ukuran dengan jari kelingking manusia apalagi kalau bukan ikan Teri. Walaupun memiliki ukuran fisik yang kecil ikan Teri salah satu ikan yang sangat laku keras di pasaran Indonesia.

Ikan Teri memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi pertumbuhan kembang anak-anak. Ikan Teri biasa diolah menjadi salah satu makanan ciri khas Jawa yaitu Peyek.

5. Ikan Kakap
Jual Ikan Kakap Merah (kilo) - Kota Bogor - 3FMART by YUMMY BOGOR |  Tokopedia
image via tokopedia.com

Apa sebabnya ikan Kakap salah satu yang laris manis di Indonesia, karena sangat banyak mengandung kandungan yang diperlukan oleh tubuh manusia. Ikan ini banyak sekali dijumpai di Indonesia terutama di Kepulauan Riau yang terkenal dengan hidangan gulai Kakap nya.

6. Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri 1 ekor/500gram | NitipAja
image via greeners.co

Tenggiri salah satu ikan air laut yang banyak permintaan di pasaran Indonesia. Ikan satu ini menjadi salah satu bahan baku untuk pembuatan siomay, kerupuk, dan otak-otak. Maka dari itu tidak salah jika ikan Tenggiri salah satu yang sangat laris manis di pasaran.

7. Ikan Sarden

Kandungan Nutrisi Penting Ikan Sarden dan Sejuta Manfaat Lainnya – TIKTAK.ID
image via tiktak.id

Jenis ikan yang satu ini identik dengan ikan siap saji yang biasa berbentuk kaleng apalagi kalau bukan sarden. Jenis ikan ini seluruh tubuhnya bahkan tulangnya bisa dikonsumsi karena memiliki tekstur tulang yang lembut dan gurih. Tidak salah jika ikan Sarden salah satu ikan yang digemari oleh semua insan.

Itulah sebagian contoh-contohnya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

0
Scroll to Top