fbpx

Mengenal Banteng Salah Satu Spesies Sapi Yang Sangat Tangguh!

Ketika mendengar kata banteng pasti kalian langsung teringat dengan permainan yang populer di negara Spanyol El Matador. Banteng yaitu masih satu spesies dengan keluarga sapi. Ditemukan dikawasan Asia Tenggara, biasanya banteng liar ukuranya lebih besar dan daripada peliharaan. Bobot spesies sapi ini bisa mencapai 1 ton, sangat luar biasa bukan.

Banteng biasa hidup berkelompok mereka biasa aktif rata-rata pada malam hari. Jika di alam liar banteng jantan dewasa akan memimpin kelompoknya dan melindungi dari hewan-hewan predator yang berada di alam liar (hutan) seperti anjing liar, harimau, buaya, dan lain-lain. Hewan satu ini memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat tajam, jadi mereka sangat jeli jika ada predator yang mengancam nyawa mereka.

Sapi coklat, lihat, kekuatan, Banteng, percaya diri, Wallpaper HD |  Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Salah satu spesies sapi yang sangat tangguh, mereka bisa bertahan hidup tanpa minum air selama beberapa hari. Biasa mencari makan pada malam hari, banteng tergolong kedalam jenis herbivora. Makanan favorit mereka seperti buah-buahan, rumput, dan dedaunan. Banteng mulai dikatakan dewasa jika sudah menginjak usia 13 bulan, biasa reproduksi setelah 3 bulan dari usia menginjak dewasa mereka.

Banteng jika hamil mengandung anaknya dalam kandungan mengandung sekitar 9-10 bulan. Mereka banyak ditemukan dikawasan Asia Tenggara tepatnya dinegara Kamboja dan Indonesia. Biasa dipakai untuk membantu di sektor pertanian yaitu membajak sawah. Banteng salah satu hewan yang disimbolkan di pancasila tepatnya pada sila keempat yang memiliki arti ‘Demokrasi Yang Dibimbing Oleh Kearifan Dalam Kebulatan Suara Yang Timbul Dari Musyawarah Diantara Para Wakil’.

Di Spanyol banteng menjadi salah satu hewan pertunjukan yang dinamakan Matador. Merupakan pertarungan antara banteng dan manusia. Seseorang yang menjadi lawannya biasanya disebut Torero. Di negara spanyol menjadi torero melambangkan kejantanan seorang pria. Biasanya mereka membawa sebuah kain berwarna merah untuk memancing sang banteng agar mendekat dan menyeruduknya. Tak sedikit juga dalam pertunjukan matador melukai para torero bahkan merenggut nyawanya.

Matador pertunjukan yang sudah ada sejak lama dinegara Spanyol secara turun-temurun. Biasanya diadakan dikota Madrid sekitar bulan mei-juni. Karena pada bulan itu dikota ini sering memberikan suatu penghargaan kepada orang-orang sucinya yang disebut San Isidro Labrador. Nah, maka dari itu negara Spanyol memiliki julukan negara Matador .

Itulah ulasan tentang hewan banteng, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang hewan Banteng. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah!

(Giovani/dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top