fbpx

Mengenal Singa Sang Predator Penguasa Hutan Rimba

Profil

Singa berasal dari kata sanskerta yang berarti Simha dan memiliki nama latin Panthera Leo merupakan termasuk ke dalam golongan keluarga kucing. Singa dapat bertahan hidup 15-20 tahun, salah satu hewan yang senang hidup berkelompok yang bertujuan untuk agar lebih kuat menjaga daerah kekuasanya. Biasanya terdiri dari 4 jantan (pemimpin) dan terdiri dari belasan betina.

Download 93 Wallpaper Hd Singa HD Terbaik - Wallpaper Keren
image via wallpaperkeren.id

Justru betina lebih aktif dalam soal pergerakan berburu dibandingkan jantan yang lebih cenderung agak sedikit santai. Namun singa memiliki kelemahan dalam bergerak yaitu mereka tidak mahir memanjat pohon dan kurang menyukai air seperti keluarga kucing lainnya.

Makanan

10 Alasan Singa Disebut Raja Hutan, padahal Hidupnya di Padang Rumput!
image via idntimes

Singa termasuk ke dalam jenis hewan pemakan daging (karnivora) di alam bebas keluarga kucing ini terkenal dengan kerakusannya. Namun siapa sangka, ternyata singa mampu berlari tidak secepat keluarga kucing lainnya seperti cheetah yang mampu berlari 95km/jam singa hanya mampu berlari dengan kecepatan 60km/jam. Di alam bebas biasanya mereka memangsa zebra dan rusa. Mereka berburu dalam sehari bisa mencapai puluhan ekor biasanya sang pemburu betina membagi-bagikan ke kelompoknya, maka dari itu mengapa singa termasuk predator yang rakus.

Habitat

Inilah Taman Nasional Serengeti, Situs Warisan Dunia oleh UNESCO - Semua  Halaman - Bobo
image via bobo.id

Singa biasanya hidup di padang rumput mereka aktif pada malam hari terutama berburu. Mereka senang berdiam diri berbaring dibawah pohon yang teduh atau dibebatuan. Saat ini populasi mereka semakin menurun karena banyaknya perburuan liar dan pembukaan lahan, mereka sering dijumpai di alam liar di daratan Afrika Selatan tepatnya di gurun Sahara. Namun terdapat suaka margasatwa khusus singa di negara India.

Berkembang Biak

Pada musim kawin singa dapat melakukan proses kawin sebanyak 50 kali bahkan lebih dalam sehari. Jika betina hamil maka otomatis dia akan meninggalkan kelompoknya sementara. Waktu mengandung/hamil yang di alami singa selama 100-120 hari. Bisa melahirkan sekitar 1-6 ekor dalam sekali melahirkan.

Ternyata, Singa juga Mengenal Hubungan Seks Sejenis | Naviri Magazine
image via naviri.magazine

Sang betina menyusui anaknya sampai umur 7-10 bulan. Betina meski telah melahirkan mereka tidak akan kembali ke kelompoknya jika umur bayinya belum menginjak umur 6-8 minggu. Bayi singa sudah dapat memakan daging pada saat sudah menginjak umur 3 bulan. Mirisnya resiko menjadi anak singa sangatlah besar karena seringkali menjadi sasaran singa-singa dari kelompok lain. Maka dari itu harapan singa setelah lahir menjadi tumbuh dewasa hanyalah 40%.

Perburuan Liar

Banyak sekali akhir-akhir ini di Afrika tentang maraknya perburuan liar. Tujuannya berbagai macam, di Afrika kini singa di masukan kedalam penangkaran dan di kembangbiakkan karena menjadi salah satu hewan yang diburu oleh para turis untuk pengobatan tradisional dan memiliki harga jual yang sangat tinggi. Bahkan bisa dibilang lebih banyak singa yang hidup di penangkaran dibandingkan dengan yang ada di alam liar.

Nah itulah ulasan mengenai singa sang penguasa hutan rimba, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang singa. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top