fbpx

Ketahui Manfaat dan Kandungan Lidah Buaya

Pasti sudah tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini, karena keberadaanya cukup mudah untuk didapat.  Aloe vera atau di Indonesia lebih dikenal sebagai lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki ciri khas tersendiri. Tanaman ini berasal dari mediterania dan sudah tersebar hampir di beberapa benua seperti eropa, asia dan amerika. Lidah buaya ini tentunya memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya.

lidah buaya merupakan tumbuhan yang tidak memiliki batang atau berbatang pendek. Berwarna  hijau dan memiliki  daging daun yang tebal. Di pinggir daunnya terdapat duri seperti gergaji yang memanjang sepanjang daun. Tinggi dari lidah buaya hanya menjapai 60-100 cm.  Lidah buaya atau aloe vera bisa dikembangbiakkan dengan cara menanam tunasnya.

image via idntimes.com

Lidah buaya sering ditanam dirumah karena ukurannya yang tidak begitu besar. Selain  itu cara menanam lidah buaya ini sangat mudah sekali, karena bisa menggunakan tunas. Lidah buaya juga merupakan tanaman yang tidak memerlukan perlakuan khusus agar bisa tumbuh subur. Bahkan lidah buaya bisa tumbuh di tempat yang minim air.

Bahan yang dimanfaatkan dari lidah buaya ini berupa gel yang terdapat pada daging buahnya atau  berupa lateks yang berwarna kuning. Lidah buaya sering dijadikan sebagai produk untuk kecantikan. Biasanya digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit.

lidah buaya memiliki aroma yang tajam, karena itu banyak orang yang enggan memanfaatkan lidah buaya secara langsung. akan tetapi Sudah banyak produk yang membuat gel dari lidah buaya untuk menyehatkan kulit dan pastinya tidak ada bau  yang menyengat.

image via hallosehat.com

kandungan

Di dalam lidah buaya terkandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, C, dan E.  selain itu terdapat juga mineral dan beberapa enzim seperti enzim  aliiase, amylase, bradykinase, katalase, selulase, peroksidase dan lainnya. Lidah buaya juga mengangdung gula seperti glukosa, fluktosa dan glukoman.

manfaat

Dalam pemanfaatannya untuk kehidupan sehari-hari, lidah buaya dapat digunakan untuk untuk kesehatan rambut. Dapat mengilangkan jerawat atau bekas jerawat. Bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dan menhilangkan komedo. Khasiat paling ampuh dari lidah buaya yaitu dapat melembabkan kulit yang kering.

Selain beberapa manfaat tadi yang bisa diambil dari lidah buaya, masih banyak manfaat lainnya. Pemanfaatan lain yang bisa dilakukan selain untuk kecantikan yaitu dengan menjadikannya nata de coco.

image via bondanwrekso.blogspot.com

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat, rasanya juga tidak kalah enak dari nata de coco biasa. Jadi jangan lewatkan untuk menanam lidah buaya di rumah ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top