Inilah! 5 Jenis Burung Yang Memiliki Warna Bulu Sangat Mempesona

Burung merupakan anggota hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Menurut para peneliti sekitar ada 8500-10.200 spesies yang terdapat di seluruh dunia. Sekitar 1500 bisa kita temukan di negara Indonesia. Contohnya seperti burung cendrawasih salah satu jenis burung asli Indonesia yang bisa kita temui di Indonesia bagian timur. Burung memiliki bulu yang berguna sebagai menutupi kulit tubuhnya. Tidak sedikit juga burung yang memiliki warna bulu yang sangat cantik dan indah.

Berikut adalah contoh jenis burung yang memiliki warna bulu sangat indah

1. Merak Biru/Hijau
Burung Merak Wallpapers HD - Wallpaper Cave
image via wallpapercave.id

Merak biru mempunyai nama latin Pavo Cristatus salah satu jenis spesies merak dari 3 spesies merak yang hidup di dunia. Jenis jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis betina yang cenderung lebih kecil. Merak adalah salah satu spesies burung yang sudah terancam punah, disebabkan karena banyaknya perburuan liar dan penyempitan ekosistem alam asri. Burung ini termasuk kedalam jenis hewan omnivora mereka biasa memangsa biji-bijian, dedaunan tapi terkadang memangsa serangga-serangga serta hewan-hewan kecil di sekeliling mereka.

2. Cendrawasih

660 Koleksi Gambar Burung Cendrawasih Merah HD - Gambar Hewan
image via gambarhewanpro.com

Burung Cendrawasih adalah salah satu burung yang sudah langka dan dilindungi oleh negara. Memiliki nama latin Paradisaeidae mereka berasal dari Indonesia bagian timur dan selatan seperti pulau Flores, Australia dan Papua Nugini. Jika hidup di alam bebas mereka sering ditemukan di hutan-hutan rindang seperti pedalaman Papua Nugini. Burung jenis satu ini termasuk kedalam jenis burung yang memiliki warna sangat indah di dunia.

3. Makaw

Dua Macaw Merah dan tiga Macaw biru dan kuning, hijau, burung, cabang,  burung beo, Wallpaper HD | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Burung Makaw memiliki nama latin Ara Macao, merupakan burung asli dari daerah benua Amerika terutama bagian selatan. Di alam bebas sesekali mereka bisa ditemukan di negara Meksiko, Brazil dan Kolombia. Habitat mereka sering kali ditemukan di daerah perkebunan dan padang savana. Namun seringkali ditemukan di perbuktian yang sangat hijau dan asri. Mereka termasuk ke dalam golongan omnivora kadang memangsa biji-bijian, dedaunan tetapi mereka kadang memakan daging contohnya seperti serangga dan hewan-hewan kecil jika kondisi mereka sangat kelaparan.

4. Flamingo
Flamingo - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
image via wikipedia

Flamingo merupakan spesies burung yang mempunyai kaki panjang yang biasanya hidup berkelompok. Burung ini memiliki nama latin Phoenicopterus, di temukan di belahan bumi sebelah barat dan timur, tetapi lebih banyak ditemukan dibagian bumi sebelah timur. Biasanya habitatnya di sekitar hutan bakau, pulau-pulau berpasir, laguna, dan danau besar yang dangkal. Flamingo dewasa mempunyai ukuran sekitar 36-50 inci dan mempunyai lebar sayap sekitar 60 inci. Makanan mereka berupa udang, ikan-ikan kecil, dan cacing.

5. Keel Billed Toucan

Keel Billed Toucan Bird Photos For Desktop Wallpaper Hd 1920x1080 :  Wallpapers13.com
image via wallpaper13.com

Burung ini berasal dari Amerika Selatan banyak ditemukan di hutan tropis seperti di Meksiko dan Kolombia. Burung ini memiliki nama latin Ramphastos Sulfuratus, termasuk kedalam jenis omnivora mereka gemar memakan biji-bijian, buah-buahan, serangga, bahkan ular. Mereka biasa hidup berkelompok, sering bersarang di dalam lubang pohon. Dalam sekali bertelur burung jenis ini dapat menghasilkan 2-4 telur. Telur akan menetas setelah 17-20 hari kemudian. Populasi burung ini dari tahun ke tahun semakin menurun, dikarenakan banyak sekali perburuan liar yang ingin memiliki burung jenis ini karena keindahannya.

Nah itulah 5 contoh jenis burung yang memiliki warna bulu sangat indah, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang burung-burung yang memiliki warna bulu sangat indah. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top