fbpx

Mengenal si cantik bunga kecombrang yang enak untuk dimakan

Banyak yang menyukai bunga karena keindahannya. Entah itu ketika di tanam ataupun dibuat buket bunga. Tidak hanya bisa dinikmati keindahannya, beberapa jenis bunga bahkan bisa dinikmati sebagai makanan. Salah satunya yaitu bunga kecombrang, tidak hanya cantik bunga ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Kecombrang yang banyak di manfaatkan oleh negara Thailand ini juga sangat populer di Indonesia.  Nama lain kecombrang di beberapa daerah di Indonesia antara lain bugong kala (aceh), kisung (medan), lucu (banyuwangi) dan masih banyak nama-nama lainnya. Kecombrang atau di suku sunda sering disebut dengan honje merupakan tumbuhan yang beberapa bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan. Seperti bunga, biji dan batang dari tumbuhan kecombrang.

Bunga kecombrang memiliki warna merah muda dengan kelopak yang mengembang ketika mekar. Selain cantik,bunga kecombrang juga memiliki wangi yang khas, wangi ini lah yang menambah daya Tarik dari bunga kecombrang.

image via setaq.com

Beberapa cara untuk mengolah bunga kecombrang seperti ditumis atau dijadikan sebagai sambal kecombrang. Atau bunga ini juga bisa dijadikan olahan lain, karena memiliki karakteristik yang mudah untuk diolah. Bunga kecombrang ini bisa diolah dengan bahan-bahan lain seperti sayuran, ikan ataupun ayam. Bunga kecombrang juga biasa dijadikan sebagai salah satu sayuran untuk membuat pecel.

Kandungan

Di dalam bunga kencombrang terkandung karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi dan kalium. Kandungan tersebut tentunya sangan baik untuk tubuh. Terdapat juga 34 kalori yang ada di dalam bunga kecombrang. Terkandung minyak atsiri yang membuat bunga kecombrang wangi, dan mendatangkan rasa getir. Nah wangi dari minyak atsiri lah yang merupakan ciri khas dari bunga kecombrang.

Manfaat

Manfaat dari bunga kecombrang antara lain yaitu  mampu menangkal radikal bebas, menstabilkan gula darah, memiliki sifat antibakteri dan anti jamur, bisa untuk menghilangkan bau badan dan dapat digunakan untuk memperlancar ASI. Karena di dalamnya terdapat minyak atsiri, bunga kecombrang bisa digunakan untuk menangkal nyamuk.

Kecombrang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bunga kecombrang banyak di jual di pasar-pasar tradisional dengan harga yang cukup tinggi perkilonya. Di pedesaan kecombrang bisa didapatkan dengan Cuma-Cuma karena tumbuh dengan sendirinya di tempat-tempat tertentu.

Tanaman kecombrang bisa ditanam menggunakan stek batang. Menanam kecombrang di dalam polybag besar juga sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Jadi apakah kamu tertarik untuk menanamnya?.

Nah, itulah hal-hal mengenai bunga kecombrang. Semoga bisa menjadi inspirasi dan masuk kedalam list makanan yang ingin dimakan ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top