fbpx

Mengenal Laba-Laba Hewan Yang Dianggap Hama Di Lingkungan Rumah

Laba-laba merupakan sejenis hewan berbuku-buku dengan nama latin arthropoda memiliki fisik empat pasang kaki, tidak bersayap, tidak memiliki mulut untuk mengunyah dan memiliki 2 bentuk segmen tubuh. Laba-laba tidak memiliki mulut dan gigi untuk mengunyah sebagai ganti mulutnya dia memiliki sejenis alat untuk menghisap cairan tubuh korbannya dan bisa mengeluarkan bisa.

gratis laba-laba dengan mangsa foto | Piqsels
image via piqsels.com

Semua jenis laba-laba digolongkan kedalam ordo araneae. Hewan satu ini sering kali kita jumpai disetiap tempat seperti di pepohonan, perkebunan, pekarangan rumah, bahkan di dalam rumah. Laba-laba bisa kita temui diseluruh penjuru dunia kecuali benua Antartika.

Hewan ini termasuk kedalam golongan karnivora biasa memangsa serangga seperti capung dan kupu-kupu. Laba-laba sering mengeluarkan jaring-jaring berupa sutera dan membuat sarangnya disekitar dedaunan pohon, ranting-ranting pohon dan sudut bangunan bertujuan untuk membuat perangkap agar mangsanya terjerat.

Berikut contoh jenis laba-laba yang ada di dunia

1. Wolf Spider

Image - Adelocosa anops (Kaua'i Cave Wolf Spider) | BioLib.cz
image via biolob.cz.com

Nama Wolf Spider diambil dari salah satu bahasa ilmiah yang berarti serigala. Merupakan salah satu jenis yang bisa mengeluarkan bisa racun. Apabila kita terkena gigitannya efek yang ditimbulkan akan mengakibatkan kemerahan serta iritasi disekitar gigitannya. Kita bisa menemukan jenis ini disekitar benua Eropa dan Amerika Utara. Diketahui ada 175 jenis wolf spider yang terdapat di dunia.

2. Mouse Spider

Blue Mountains Funnel Web Spider | Project Noah
image via projectnoah.id

Laba-laba salah satu ini memiliki pergerakan yang sangat lincah layaknya seperti tikus, maka dari itu mengapa jenis satu ini memiliki nama Mouse Spider. Seringkali ditemukan di benua Australia dan Selandia Baru. Memiliki taring yang bertujuan untuk mengeluarkan bisa racun. Dia akan mengeluarkan bisa racun apabila dalam kondisi terancam, bila terkena gigitanya akan mengakibatkan luka bengkak disekitar gigitan.

3. Brown Recluse

10 Laba-laba paling mematikan di dunia ini perlu diwaspadai
image via brilio.net

Brown Recluse merupakan salah satu jenis laba-laba yang memiliki bisa racun mematikan. Apabila terkena gigitanya akan merusak sel jaringan kulit sehingga kulit akan mati dan berlubang, tidak ada obat penawar jika terkena gigitan jenis laba-laba ini. Laba-laba jenis ini tersebar luas di benua Amerika senang menempati wilayah yang memiliki iklim agak hangat.

4. Brazillian Wandering
Hati-hati, Inilah Laba-laba Paling Mematikan di Dunia, Bisanya Disebut Bisa  Membuat Kita Meninggal Lebih Cepat - Semua Halaman - Intisari
image via intisari.grid.id

Laba-laba jenis ini sering ditemukan di wilayah Amerika Selatan, termasuk kedalam jenis yang sangat mematikan. Brazillian Wandering memiliki gerakan sangat agresif yang bisa membunuh/melawan musuhnya berkali-kali. Bisa mengeluarkan racun apabila kita terkena gigitanya akan mengalami sesak nafas hingga menyebabkan kematian.

5. Black Window

Suka Memangsa Pasangannya, Ini 5 Fakta Lain Laba-laba Black Widow
image via trubus.id

Jenis ini sering ditemukan di wilayah benua Australia. Betina memiliki ukuran relatif lebih besar sekitar 5 cm dan jantan 1.25 cm. Sanggup mengeluarkan bisa racun yang bisa menimbulkan luka nyeri seperti terbakar dan menyebabkan pembengkakkan. Semakin besar jenis ini berkembang semakin besar juga bisa racun yang dihasilkannya.

Nah itulah ulasan seputar tentang laba-laba, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang laba-laba. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah!semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top