fbpx

Inilah! Fakta Gagak Burung Paling Pintar Namun Memiliki Banyak Mitos

Burung Gagak merupakan salah satu burung jenis pintar yang ada dunia, tersebar di seluruh dunia kecuali Amerika Selatan. Mempunyai nama latin Corvus, jenis burung ini memiliki postur tubuh yang sedang dan mempunyai bulu dominan berwarna hitam. Gagak dipercaya mempunyai kemampuan untuk belajar hal baru dan dapat memecahkan suatu masalah dengan sumber daya di sekitarnya.

Mengapa Burung Gagak Sering Bertengkar? | Belajar Sampai Mati
image via belajarsampaimati.com

Dibalik kepintarannya yang terkenal oleh banyak orang ternyata burung ini mempunyai banyak mitos selalu dikaitkan dengan hal-hal yang buruk. Contohnya di Indonesia, apabila kita bertemu burung gagak di suatu tempat misalkan di hutan ternyata mempunyai mitos kita akan mengalami kesulitan dalam kegiatan sehari-hari. Dagingnya banyak digunakan untuk acara ritual seperti sesajen.

Mitos di Tiongkok hampir tidak jauh berbeda dengan di Indonesia jika kita melihat kehadiran gagak dipercaya akan menghadirkan nasib buruk/adanya kematian. Jika di benua Eropa gagak dipercaya sebagai burung peliharaan penyihir. Berbeda dengan bangsa kuno Celtic mereka menganggap bahwa gagak merupakan burung suci karena pada saat itu kawanan gagak memakan bangkai para pahlawan yang telah gugur.

Wallpaper digital gagak HD unduh gratis | Wallpaperbetter
image via wallpaperbetter.com

Berikut merupakan beberapa mitos dan fakta burung gagak yang ada di seluruh dunia

1. Wujud jelmaan dari dewi kematian

Masyarakat kuno khususnya suku celtic mempercayai bahwa burung gagak merupakan jelmaan dari dewi morrigan. Morrigan adalah sebutan pemimpin dewi dari segala jenis mahluk gaib di suku mereka, yang diutus untuk sebagai perantara manusia dengan dunia dan alam roh.

2. Dipercaya sebagai pembawa masalah

Di hampir seluruh bagian penjuru dunia mungkin banyak yang mempercayai jika ada kedatangan gagak merupakan suatu pertanda yang tidak baik. Contohnya di benua Amerika mereka mempercayai bahwa kehadiran burung gagak menjadi salah satu firasat akan terjadi hal buruk/sial di kehidupan mereka contohnya seperti akan terjadi bencana.

3. Jelmaan penyihir jahat

Pada zaman dulu masyarakat Inggris kuno mempercayai bahwa burung gagak merupakan jelmaan dari penyihir jahat. Penyihir dipercaya mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi seekor gagak yang bertujuan untuk menyamar agar mudah dalam melakukan rencana buruknya.

4. Mempunyai daya ingat yang sangat tinggi

Seekor gagak dapat mengingat seorang manusia yang telah berbuat jahat kepadanya. Jika burung tersebut bertemu lagi dengan orang itu maka dia akan menjauhinya bahkan menyerangnya agar orang itu mendapat perlakuan seperti seorang tersebut memperlakukan gagak tersebut.

5. Pembawa suatu informasi

Pernah ada suatu penelitian menyebutkan burung gagak dapat menangkap suatu sinyal yang bersifat informasi. Jika berkumpul dengan kelompoknya mereka akan selalu berbagi informasi kejadian dalam keseharian mereka.

Nah itulah fakta dan mitos seputar burung gagak, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang burung gagak. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top