Mengenal Contoh Jenis Penguin Salah Satu Unggas Yang Menggemaskan

Penguin termasuk ke dalam jenis burung yang tidak bisa terbang dan hidup di wilayah selatan bumi. Termasuk ke dalam ordo Sphenisciformes hewan yang senang hidup berkelompok. Di dunia terdapat 16 spesies 3 spesies diantaranya hidup di daerah tropis. Spesies penguin paling terbesar di dunia yaitu penguin Kaisar dengan nama latin Aptenodytes Forsteri memiliki tinggi mencapai 1.3 meter dan berat mencapai 40 kilogram bahkan bisa lebih.

Penguins Wallpapers - Wallpaper Cave
image via wallpapercave.id

Penguin dengan spesies terkecil yaitu penguin Peri dengan nama latin Eudyptula Minor hanya memiliki tinggi sekitar 40 cm saja dan mempunyai berat sekitar 1 kilogram. Semakin besar tubuh yang dimilikinya maka mereka akan semakin bisa menyesuaikan tubuhnya di daerah iklim yang sangat dingin, sebaliknya jika mereka tubuh yang relatif kecil mereka akan susah menyesuaikan dirinya di iklim yang dingin bahkan mereka lebih memilih hidup di daerah tropis.

Pada umumnya mereka memakan ikan, cumi-cumi, dan udang menggunakan paruhnya. Penguin mampu berenang dengan kecepatan mencapai 27 km/jam dan bisa menyelam di dalam air selama 20 menit dengan kedalaman hingga 560 meter.

Berikut jenis-jenis penguin yang ada di dunia

1. Rockhopper

Northern rockhopper penguins — Australian Antarctic Program
image via australianantartic.id

Memiliki nama latin Eudyptes Chrysocome penguin ini memiliki kelebihan bergerak meluncur menggunakan perutnya. Salah satu jenis penguin yang aktif mereka mampu memanjat menggunakan sayapnya, berjalan hingga melompati batu-batu besar. Memiliki keunikan disekitar kepalanya yaitu bulu rambut berwarna kuning hitam yang menyerupai duri yang membuat wajahnya sedikit garang.

2. Crinstrap

75% of Antarctic chinstrap penguin colonies have disappeared over the past  50 years thanks to global warming | Totally Vegan Buzz
image via totalyveganbuzz.id

Jenis ini bisa kita temui di daerah Selatan Pasifik dan Samudera Antartika. Memiliki nama latin Pygoscelis antarcticus. Dimana jantan memiliki relatif tubuh lebih besar dibandingkan betina. Tinggi penguin ini berkisar 70-80 cm dengan berat 3-7 kilogram, dengan ciri sayap penguin dewasa berwarna hitam dan tepinya yang berwarna putih. Mereka gemar memakan ikan-ikanan.

3. Emperor

Major Emperor Penguin Breeding Ground Gone Barren Since 2016 - Bloomberg
image via bloomberg.com

Penguin Emperor merupakan salah satu jenis yang terbesar dari yang lainnya memiliki nama latin Aptenodytes Forsteri dengan tinggi mencapai 1 meter dan mempunyai berat 40 kilogram. Ciri paling khas dari jenis yaitu terdapat garis kuning pada bagian lehernya. Memiliki kaki yang berjaring dan berbulu tebal kedap terhadap air.

4. Gentoo
Gentoo Penguin - eBird
image via ebird.id

Penguin Gento memiliki nama latin Pygoscelis Papua jenis ini sangat dekat hubungannya dengan penguin adelie. Mereka berkomunikasi dan memanggil kawanannya dengan berbagai cara unik tapi seringnya dengan cara melemparkan/memantulkan kepalanya kebagian belakang sehingga dapat menghasilkan suara seperti terompet keras. Memiliki ciri khas pada kepalanya yaitu ada bercak putih yang menyerupai sorban. Makanannya sama seperti penguin pada umumnya yaitu aneka jenis ikan-ikan kecil hingga sedang.

5. Snares

Snares penguin - Wikipedia
image via wikipedia.org

Penguin Snares memiliki nama latin Eudyptes Robustus dengan ciri tubuh tergolong kecil hanya memiliki tinggi sekitar 50-70 cm dan berat 3-4 kg. Mempunyai garis kuning di sepanjang kelopak mata. Jenis penguin ini berasal dari Selandia Baru namun berkembang di kepulauan Snares. Mangsa utama penguin ini yaitu udang, cumi-cumi serta ikan-ikan kecil.

Nah itulah ulasan mengenai penguin hewan yang menggemaskan, semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua khususnya tentang penguin. Saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan membaca yah! semoga bermanfaat.

(Giovani/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

0
Scroll to Top