fbpx

Mengenal Jenis-Jenis Kurma Beserta Perbedaanya

Kurma merupakan buah yang banyak ditemukan di timur tengah, khususnya di Saudi Arabia. Kurma menjadi salah satu ciri khas yang identik sekali dengan bulan Ramadan. Banyak manfaat yang dimiliki oleh kurma, salah satunya yaitu dapat mengenyangkan perut. Hal yang diketahui semua orang mengenai kurma yaitu memiliki rasa manis dan warna yang hitam kecoklatan. Namun ternyata banyak sekali jenis kurma yang ada looh, rasa yang dimilikinya juga berbeda-beda. Simak beberapa jenis kurma yang paling populer untuk dikonsumsi dibawah ini.

Kurma Ajwa

Kurma ajwa atau dikenal juga sebagai kurma Nabi merupakan jenis kurma yang paling populer. kurma ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan kulit hitam pekat.  

image via tagar.id

Kurma mazafati

Kurma mazafati memiliki rasa yang manis juga menyegarkan. Ukuran yang dimilikinya sedang dengan warna yang gelap. Kurma mazafati dapat disimpan dikulkas dan dapat awet selama dua tahun looh.

image via indonesian.alibaba.com

Kurma halawi

Berbeda dengan kurma jenis lain yang umumnya memiliki warna yang gelap, kurma halawi berwarna kuning. Rasanya sangat manis dengan tekstur yang juga sangat lembut. Kurma ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Kurma sekki

Jenis lainnya yaitu kurma sekki, kurma ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Sangat cocok untuk  orang-orang yang  tidak terlalu suka manis. Warnanya yang dimilikinya juga unik yaitu perpaduan dari warna kuning dan coklat. Tekstur dagingnya lembut dengan kulit yang cukup keras.

image via ibaba.blogspot.com

Kurma deglet Noor

Kurma deglet noor memiliki tekstur setengah kering dan memiliki rasa yang unik. Rasa tersebut mirip dengan karamel. Untuk itu banyak yang menjadikannya sebagai tambahan rasa masakan. Selain itu, warna yang dimilikinya juga beragam seperti oranye kekuning-kuningan,  coklat tua atau kuning jerami.

image via travelingyuk.com

Kurma Khudri

Ciri dari kurma kudri adalah warnanya yang merah kecoklatan. Ukuran dari kurma ini juga cukup besar dengan daging tebal. Tekstur yang dimilikinya  kering, dan ternyata kurma ini merupakan kurma yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kelebihan lainnya yaitu memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

image via makanabis.com

Kurma Palm Fruit

Kurma jenis ini merupakan kurma yang banyak dicari oleh orang-orang. Karena memiliki cita rasa yang manis dan gurih dimulut.

image via duniahalal.com

Itu dia jenis-jenis kurma yang banyak digemari oleh orang-orang. Kurma-kurma tersebut memiliki perbedaan satu sama lain.  kurma mana yang menjadi kesukaan kalian?.

Leave a Reply

0
Scroll to Top