fbpx

Jenis Sapi Favorit Untuk Dijadikan Hewan Qurban

Sebagai seorang muslim, pasti kita kenal dengan nama bulan Dzulhijjah. Di bulan Dzulhijjah ini tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah, umumnya umat muslim di seluruh dunia melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan hewan qurban ini telah di tetapkan semenjak Nabi Ibrahim AS di perintahkan Allah melalui mimpinya untuk menyembelih anaknya sendiri yaitu Ismail AS. Ketika Nabi Ibrahim AS hendak menyembelih Ismail, seketika itu pula Allah menggantinya dengan Domba sembelihan yang gemuk. Saat itulah hukum ketentuan qurban di terapkan.

Hewan sembelihan qurban terdiri dari beberapa jenis hewan berkaki empat, semisal Unta, Sapi, Kambing , dan Domba. Namun umumnya yang menjadi kebiasaan di Indonesia hanya menggunakan Sapi, Kambing, dan Domba saja. Jumlah hewan yang di qurbankan tidaklah terbatas persatu orang. Satu orang bisa mengurbankan 1, 2, 3, bahkan lebih. Namun untuk satu ekor Domba atau Kambing hanya boleh untuk satu orang saja. Lain halnya dengan sapi, ada pendapat yang membolehkan 1 sapi untuk 7 orang tentunya dengan syarat dan ketentuan yang sudah di tetapkan.

Kali ini penulis akan memberikan saran untuk bakal calon hewan sembelihan qurban dari jenis sapi. Sapi di Indonesia sendiri ada beberapa jenis yang umumnya digunakan untuk dijadikan hewan qurban, seperti contohnya sapi Simmental, Sapi Limousin, Sapi Peranakan Ongole (PO), Sapi Madura dan Sapi Kupang. Namun jika dilihat dari kualitas daging serta bentuk fisik, penulis lebih condong kepada Sapi Madura, mengapa demikian ? berikut adalah beberapa keunggulan dari Sapi Madura :

  1. Sapi Madura secara fisik mempunyai daya Tarik tersendiri semisal warna nya yang merah cerah, selalu terlihat bersih dan tubuh lebih cenderung panjang.
  2. Sapi Madura terlihat lebih gagah, tinggi, tegap dan enak di pandang ketika sedang berdiri.
  3. Sapi Madura memiliki punduk yang ideal, tidak terlihat besar, tidak juga terlihat kecil.
  4. Sapi Madura mempunyai tanduk yang kuat serta kokoh dan biasanya tumbuh dengan simetris, menjadikan Sapi Madura menjadi terlihat lebih wibawa.
  5. Sapi Madura mempunyai glambir yang ideal tidak terlalu panjang kebawah.
  6. Sapi Madura memiliki kuku/traca yang hitam, yang menggambarkan sapi ini sapi pekerja yang kuat dan kokoh.
  7. Sapi Madura mampu beradaptasi dengan cuaca extrim sekalipun.
  8. Sapi Madura mempunyai kualitas daging yang baik.

Itulah beberapa keunggulan dari si merah Sapi Madura, untuk pilihan sendiri kembali kepada selera masing-masing, yang terpenting kita melakukan ibadah qurban dengan niat yang lurus dan hati yang ikhlas serta syarat dan ketentuannya sesuai dengan syariat Islam.

Leave a Reply

0
Scroll to Top