fbpx

Jenis Makanan Ikan Cupang Biar Cepat Besar dan Warnanya Cantik

Budidaya ikan cupang saat ini banyak digandrungi masyarakat. Ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan biar proses budidaya cupang bisa menghasilkan ikan yang sehat dan warnanya cantik. Salah satunya adalah pemilihan jenis makanan ikan cupang yang tepat.

makanan ikan cupang

Pemberian pakan ikan cupang memang berpengaruh penting dalam proses pertumbuhannya. Anda perlu memberi asupan makanan yang cukup dan bergizi tinggi. Dengan begitu, ikan cupang bisa tumbuh sehat dan dapat Anda jual dengan harga yang tinggi.

Pilihan Makanan Ikan Cupang

Ada berbagai opsi pakan ikan yang bisa Anda berikan kepada cupang. Pilihan makanan tersebut di antaranya adalah:

1. Jentik nyamuk

Opsi pertama adalah jentik nyamuk. Pilihan makanan ikan ini sangat efektif dan bisa Anda peroleh dengan mudah tanpa perlu keluar uang sepeserpun. Ditambah lagi, jentik nyamuk punya kandungan protein tinggi yang mendorong perkembangan tubuh ikan jadi lebih cepat.

2. Udang

Pertimbangan selanjutnya adalah udang. Pemberian udang dapat membuat ikan cupang punya sisik serta sirip yang cantik. Anda bisa memberi udang dalam bentuk potongan kecil dan bersih dari kulit.

3. Cacing darah

Berikutnya, Anda dapat memilih makanan ikan cupang berupa cacing darah. Protein yang ada pada cacing darah cukup tinggi dan bisa mencukupi kebutuhan protein harian dari ikan.

4. Kuning telur

Tak sedikit pula peternak ikan cupang yang memberi makan ikan berupa kuning telur. Cara pemberiannya dilakukan dengan terlebih dahulu mengukus atau merebus kuning telur.

5. Kutu air

Kutu air termasuk salah satu makanan kesukaan ikan cupang yang masih berusia kecil. binatang air yang satu ini punya kandungan lemak yang minim serta mempunyai manfaat dalam memperkuat tulang serta membuat warnanya jadi lebih cantik.

6. Lalat buah

Anda bisa pula memilih pakan ikan cupang berupa lalat buah. Anda bisa menjumpai lalat ini biasa hinggap pada buah serta sayur. Katanya sih, konsumsi lalat buah dapat mendorong pertumbuhan ikan cupang dengan sirip serta warna yang cantik dan cerah.

7. Salmon

Terakhir, Anda bisa memilih makanan ikan cupang berupa daging salmon. Daging ikan yang satu ini punya kandungan nutrisi sangat tinggi. Dengan alasan seperti itu, Anda perlu membatasi pemberiannya. Tidak setiap hari, tetapi bisa Anda berikan sewaktu-waktu.

Nah, itulah 7 pilihan makanan ikan cupang yang bisa Anda berikan. Anda bisa memilih jenis pakan sesuai dengan situasi masing-masing. Selamat mencoba, ya.

Leave a Reply

0
Scroll to Top