5 Manfaat Timun Suri, Buah yang khas di Bulan Ramadan

Ketika menjelang bulan Ramadan, di jalanan sudah banyak pedagang yang menjajakan buah timun suri. Timun suri biasanya dijadikan sebagai es atau rujak, karena itulah  banyak ditemukan ketika bulan puasa. mempunyai  Daging buah yang tebal berwarna putih dengan banyak biji didalamnya. Kulitnya berwarna kuning, yang seolah menjadi ciri khas dari timun suri. Bentuk nya bulat lonjong dengan ukuran yang beragam.

image via pertanianku.com

Tanaman timun suri merupakan tanaman semusim, tetapi bisa di tanaman kapan saja. Biasanya para petani akan menananmnya beberapa bulan sebelum bulan Ramadhan tiba. Banyak digemari ketika bulan Ramadan, ternyata ini dia beberapa manfaat dari timun suri.

1. Sumber antioksidan

Timun suri banyak mengandung katioksidan seperti beta karoten, vitamin c, triterpen, lignan dan flavonoid. Kandungan tersebut tentu sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh, misalnya beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Atau vitamin c yang berfungsi untuk menguatkan kekebalan tubuh.

2. Membantu pencernaan

Memiliki tekstur yang lembut dan banyak serat, membuat timun suri memiliki fungsi untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat tersebut akan mempermudah proses pencernaan yang ada di dalam tubuh. Selain itu juga mampu menahan penyakit pada lambung dan usus.

3. Dapat mencegah anemia

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena dapat membanty mencegah anemia. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah yang akan mengakibatkan kelelahan. Untuk mengalirkan oksigen keseluruh tubuh dibutuhkan zat besi yang untuk membentuk hemoglobin.

4. Baik untuk kesehatan tulang

Selain dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah anemia, timun suri juga dapat menyehatkan tulang. Hal tersebut karena timun suri mengandung Vitamin K, yang berfungsi menyerap nutrisi dan membantu menyehatkan tulang.

5. Terdapat zat anti-kanker

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kandungan saponin yang terdapat dalam timun suri ternyata dapat digunakan untuk menghalangi dan mencegah munculnya sel kanker. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengatasi kerusakan metabolism tubuh.

Selain sangat enak untuk di jadikan menu buka puasa, ternyata banyak juga ya manfaat dari timun suri. Jadi jangan lewatkan memakannya ketika buka puasa.

Leave a Reply

0
Scroll to Top